Selasa, 25 September 2018

Sekolah Baru Juga Diserbu, PPDB SMA 13 Kota Jambi Lebihi Target


Jumat, 06 Juli 2018 | 15:57:29 WIB


Plt Kepala SMA Negeri 13 Kota Jambi Bambang Susilo
Plt Kepala SMA Negeri 13 Kota Jambi Bambang Susilo / Zainal Abidin

JAMBI - Tahapan penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Jambi untuk setiap jenjang pendidikan memasuki hari terakhir, Sabtu (7/7) besok. Calon siswa yang telah mendaftar selanjutnya dilakukan verifikasi, apakah nantinya bakal terjaring atau gugur. Hasilnya akan diumumkan Senin (9/7) nanti.

Bukan hanya sekolah unggulan yang menjadi magnet orang tua untuk mendaftarkan anaknya. Sejumlah sekolah yang baru dibuka di Jambi juga menjadi incaran, seperti terpantau di SMA Negeri 13 Kota Jambi yang tahun ini dibuka dan mulai beroperasi.

Plt Kepala SMA Negeri 13 Kota Jambi Bambang Susilo mengatakan, penerimaan PPDB hingga hari kelima dibuka, sudah banyak orang tua yang datang dan mendaftarkan anaknya. Bahkan jumlahnya sudah melebihi target Disdik dan sekolah.

"Kuota sekolah hanya 180 siswa, yang mendaftar sudah 250 siswa," ujarnya Jumat (6/7).

Untuk itu, pihak sekolah berkoordinasi dengan Disdik Provinsi Jambi, terkait banyaknya peminat yang mendaftar. Hasilnya, Disdik membatasi jumlah pendaftar sebanyak 200 siswa.

Namun sekolah tidak berani menutup pendaftaran karena akan menyalahi aturan tahapan PPDB. "Tahapan pendaftaran kan mulai 2 sampai 7 Juli," katanya.

Bambang menyebutkan, banyak calon siswa yang mendaftar di sekolah lain juga mendaftar di SMA Negeri 13. Ini dilakukan untuk mengantisipasi jika tidak tidak lulus di sekolah pilihan pertama.

"Contohnya, mereka sudah mendaftar di SMA 2, oleh panitia SMA 2 disuruh daftar ke kita juga. Untuk PPDB tahun ini, kita menggunakan sistem offline," ungkapnya.

Selain itu sekolah yang berada tidak jauh dari Bandar Udara (Bandara) Jambi ini, belum menerapkan sistem zonasi wilayah. Sehingga sekolah masih bisa menerima pendaftar dari wilayah di luar sekolah berada. "Tetap kita batasi hanya menampung 180 siswa untuk 5 Rombel," sebutnya.

Selain itu, sekolah ini juga masih kekurangan tenaga pengajar, sehingga memberikan kesempatan kepada guru yang ingin mengajar di SMA 13 Kota Jambi.


Penulis: Zainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments