Kamis, 16 Agustus 2018

Puluhan Koperasi di Sarolangun Akan Dibekukan


Sabtu, 07 Juli 2018 | 11:10:44 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

SAROLANGUN- Dari 287 yang terdata dari berbagai jenis koperasi yang ada di Kabupaten Sarolangun ada puluhan diantaranya dipastikan akan dibekukan.

Hal ini karena koperasi yang dimaksud sudah tidak aktif dan juga tidak dapat ditemukan saat diverifikasi oleh Disperindagkop Sarolangun. Seperti data yang didapatkan dari Disperindagkop Sarolangun, dari 287 koperasi yang terdata 90 koperasi diantaranya tidak aktif. 

"Setelah dilakukan pengawasan dan pendataan ditemukan 90 koperasi tidak aktif. Dari 287 hanya 197 koperasi yang masih berjalan," kata Kabid Koperasi dan UMKM, Sudiono.

Namun 90 koperasi yang tidak aktif ini tidak semuanya akan dibekukan, namun akan tetap diusahakan akan dibina. Tetapi 23 diantara 90 koperasi yang tidak aktif akan diusulkan untuk dibekukan.

"Saat ini hanya 23 koperasi dari 90 koperasi yang tidak aktif kita usulkan untuk dibekukan ke Kementrian Koperasi dan UMKM," ujar Sudiono.

Dia juga mengatakan, sebenarnya harapan pemerintah pusat agar daerah bisa meningkatkan kualitas koperasi yang ada. Dan tidak perlu kuantitas koperasi yang banyak namun tidak aktif.

"Permintaan pemerintah pusat juga begitu. Tidak perlu banyak asal kualitasnya bagus dan terus ditingkatkan," ucap Sudiono.

Untuk peningkatan kualitas koperasi ini selain pembinaan, pihak Disperindagkop Sarolangun juga memberikan reward untuk koperasi yang aktif dengan syarat tertib administasi dan mampu membuat laporan dengan sistim online.

"Bagi yang aktif dan terus menunjukkan peningkatan kita akan rekomendasi agar mendapatkan suntikan modal melalui Lembaga pengelola Dana Bergulir (LPDB) di Kementrian Koperasi," katanya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments