Minggu, 18 November 2018

Harganas XXV, Presiden RI Anugerahkan Tanda Kehormatan Kepada Walikota Jambi

Fasha Raih Satyalencana Pembangunan Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana

Minggu, 08 Juli 2018 | 21:14:34 WIB


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang mewakili Presiden RI Joko Widodo saat menyematkan penghargaan kepada Walikota Jambi Syarif Fasha
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang mewakili Presiden RI Joko Widodo saat menyematkan penghargaan kepada Walikota Jambi Syarif Fasha / metrojambi.com

MANADO - Integritas dan komitmen Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dibidang pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana, kembali mendapat pengakuan dan apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo. Jumat (6/7) malam, bertempat di Graha Gubernuran Kediaman Gubernur Sulawesi Utara, Manado. Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME kembali di anugerahi Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan oleh Presiden RI. Penyerahan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani atas nama Presiden RI Joko Widodo.

Syarif Fasha merupakan satu dari dua puluh satu (21) Kepala Daerah, Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia yang dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan oleh Presiden RI, dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXV yang dipusatkan di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Sebelumnya, dilokasi yang berbeda, Ketua TP PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, S.E., M.Si. Ak. turut pula meraih penghargaan. Ketua TP PKK Kota Jambi tersebut meraih penghargaan Pakarti Madya I dari Menteri Kesehatan RI atas Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kategori Kabupaten Kota Tahun 2018. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh Ketua TP PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Seusai menerima penghargaan, di hadapan awak media Wali Kota Fasha menyampaikan apresiasinya atas upaya berbagai pihak yang membantu mewujudkan suksesnya upaya Pemkot Jambi di bidang kesejahteraan keluarga.

"Alhamdulillah kami bersyukur malam ini kembali dianugerahkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan oleh Presiden RI. Ini adalah hasil jerih upaya dan kerja keras Pemkot Jambi yang selama ini didukung penuh oleh BKKBN Provinsi Jambi, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga dan keluarga berencana. Memang selama ini kami sangat fokus, karena ibukota provinsi harus selalu mengedepankan fungsi-fungsi pembinaan keluarga berencana. Terima kasih sekali lagi, khususnya kepada seluruh warga Kota Jambi yang telah mendukung dan menjalankan program-program Pemkot hingga, Kota Jambi meraih penghargaan," beber Fasha.

Konsistensi atas integritas dan komitmen Pemerintah Kota Jambi dibawah kepemimpinan Wali Kota Fasha tidak perlu di ragukan lagi. Berbagai apresiasi dan pengakuan atas raihan prestasi Pemkot Jambi selama ini di bidang pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana, seolah menjadi bukti atas kuatnya komitmen tersebut.

Sebelumnya pada tahun 2016, Wali Kota Jambi telah meraih Satyalencana Manggala Karya Kencana yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana dan penghargaan Ksatria Bhakti Husada Kartika, yang merupakan penghargaan Atas Jasa Luar Biasa dalam Menggerakkan dan Memberdayakan Masyarakat untuk Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat, yang diterima pada tahun 2015 lalu.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Jambi juga telah meraih penghargaan Swasti Saba Padapa atas keberhasilan menyelenggarakan Kota Sehat tahun 2017 untuk klasifikasi pemantapan. Paling anyar, pada tahun ini Pemerintah Kota Jambi meraih penghargaan 2 kali berturut dari Presiden RI atas komitmen mendukung tercapainya Universal Health Coverage (UHC) Program JKN-KIS Tahun 2019, Lebih Awal di Tahun 2018 (UHC Kota Jambi 97%) yaitu UHC JKN KIS Award dari Presiden RI dan BPJS Kesehatan RI.

Kinerja yang sama pun patut diapresiasikan kepada Ketua TP PKK Kota Jambi, Hj. Yuliana Fasha. Penghargaan tahun ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya Pemkot Jambi meraih penghargaan Pakarti Utama III PHBS Tingkat Nasional pada tahun 2014.

Pada kesempatan tersebut, Fasha juga menuturkan bahwa untuk menciptakan generasi yang berkualitas di masa yang akan datang, dimulai dari lingkungan keluarga yang cerdas, tangguh dan bahagia.

"Dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang berkualitas kepada anggota keluarga sejak dini, akan menjadikan keluarga sebagai wahana yang tangguh bagi terwujudnya keluarga yang berkualitas, sehat, dan cerdas. Keluarga adalah pilar pertama dan utama dalam membangun keluarga sejahtera dan berketahanan. Keluarga yang berkualitas akan berkontribusi positif terhadap pembangunan.

Pemkot Jambi menurut Fasha, sangat mendukung program KB nasional yang menyasar pada kebijakan peningkatan kualitas penduduk melalui pengendalian kelahiran, pengurangan angka kematian dalam kelahiran, dan mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis.

Oleh karena itu, Pemkot Jambi telah mengerahkan upaya terbaik yang diimplementasikan dalam program dan kegiatan untuk mendukung suksesnya program pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana di Kota Jambi.

Acara puncak Harganas ke-XXV di Kota Manado tersebut, turut pula dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. DR. Yohana Susana Yambise, Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, Ketua TP PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Jambi dan Ketua TP PKK Kota Jambi, Kadis PPKB H. M. Rasyid Ridho, Kadis Kesehatan dr. Ida Yuliati, Ketua DWP Kota Jambi Choirianti Budidaya dan Direktur RSUD Abdul Manap dr. Erwin Pardede.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments