Selasa, 23 Oktober 2018

Dewan Soroti Kualitas Pelayanan Kesehatan di Provinsi Jambi

105 Puskesmas Sudah Terakreditasi

Selasa, 10 Juli 2018 | 15:22:17 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI- Layanan kesehatan di Provinsi Jambi mendapat sorotan dari DPRD Provinsi Jambi dalam pandangan umum yang dilayangkan beberapa waktu lalu. Sorotan ini karena   belum adanya puskesmas yang terakreditasi di Provinsi Jambi. Hal ini dianggap penting terkait standar pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan menyoroti permasalahan kualitas pelayanan kesehatan di Provinsi ini.

Namun hal tersebut dibantah pihak Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Samsiran Halim, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menyampaikan usaha akreditasi tersebut telah dilakukan pada 2016 lalu. Hingga sampai pada 2017 telah dinyatakan 105 puskesmas terakreditasi.

“Kita sudah ada 105 Puskesmas terakreditasi, walau belum ada yang mendapatkan tingkatan paripurna (paling tinggi)” sebutnya.  

Namun untuk tingkatan dasar, muda dan madya pihaknya telah memiliki fasilitas tersebut. Untuk meraih predikat ini sendirisetidaknya ada tiga kriteria yang harus dipenuhi yakni  izin operasional ,izin teregistrasi di Kemenkes serta ketenagaan yang harus tersedia 9 profesi.

Menurut Samsiran, untuk pengusahaan akreditasi Puskesmas tersebut pihaknya mempunyai program satu kegiatan akreditasi untuk satu kecamatan dalam satu bulan. Tapi Samsiran menyebut pihaknya juga harus realistis mengingat terdapat pula puskesmas yang belum diregistrasi.

“Selain itu kondisi Puskesmas adapula pegawai yang tidak sampai lima orang, yang artinya belum bisa diakreditasi,” tuturnya.

Tetapi Samsiran menyebut pihaknya akan berusaha memenuhi akreditasi untuk semua puskesmas di Jambi hingga 2019.Hal ini disebut Samsiran karena dana akreditasi juga bersifat bantuan dari pusat.

 “Jadi pendanaan tidak ada masalah, toh akreditasi kita banyak dibanding Provinsi lain,” sampainya.

Jika dirinci berdasarkan catatan Dinas Kesehatan  Provinsi Jambi Merangin paling banyak terdapat puskesmas terakreditasi yakni 15 Puskesmas.Batanghari, dilanjutkan Muaro Jambi dengan 13, Kota Jambi dan Muaro Bungo dengan 10 Puskesmasn,Kerinci, Tanjabtim dan Tebo 9 Puskesmas ,Puskesmas Sarolangun 8 Puskesmas, Tanjab Barat 6 Puskesmas ,dan yang paling sedikit terdapat 2 puskesmas terakreditasi di  Sungaipenuh.

Sebagai catatan, puskesmas dengan kelas paripurna sendiri diharuskan mempunyai Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan semua administarsi manajemen puskesmas (Admen) sudah terstandar, sehingga dapat memberikan pelayanan yang paripurna di masyarakat. Yang tujuannya sebagai pemenuhan kebutuhan kesehatan ditengah masyarakat.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments