Selasa, 25 September 2018

KPK Kembali Tetapkan Zumi Zola Sebagai Tersangka, Ini Tanggapan Pengacaranya...


Rabu, 11 Juli 2018 | 08:12:49 WIB


Zumi Zola saat ditahan penyidik KPK beberapa waktu lalu
Zumi Zola saat ditahan penyidik KPK beberapa waktu lalu / Metrojambi.com

JAMBI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola sebagai tersangka. Kali ini, dalam kasus korupsi pemberian hadiah atau janji terkait pengesahaan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2017-2018.

Komisi anti rasuah itu telah menemukan dua alat bukti yang cukup, serta mencermati fakta persidangan berdasarkan alat bukti berupa keterangan saksi, surat dan alat elektronik.

Muhammad Farizi, kuasa hukum Zumi Zola saat dimintai tanggapannya terkait penetapan tersangka tersebut mengatakan berdasarkan sprindik dan SPDPA yang diberikan kepada pihaknya, penetapan tersangka didasarkan pada laporan perkembangan dalam persidangan perkara korupsi Soepriono Cs.

Namum secara prosedur, kata Farizi, penetapan tersangka seperti itu melanggar ketentuan hukum acara dan telah ada beberapa putusan perkara pra peradilan yang melarang penetapan tersangka hanya di dasarkan fakta sidang di dalam perkara yang berbeda.

"Namun sampai dengan saat ini klien kami tetap memilih koperatif dan merasa lebih baik di sampaikan semua di muka sidang," kata Farizi kepada metrojambi.com, Rabu (11/7).

"Artinya opsi dari klien kami sampai dengan saat ini tetap memilih untuk menjelaskan dalam perkara pokok pada saat nanti JPU melimpahkan perkara ke pengadilan tipikor," ujarnya lagi.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments