Sabtu, 22 September 2018

Investor Lokal Kuasai Investasi di Indonesia


Rabu, 11 Juli 2018 | 22:10:49 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Nilai investasi di Indonesia untuk tahun 2018 ini, didominasi investor lokal. Tahun sebelumnya, investor asing selalu menguasai beberapa bidang pasar investasi yang ada di Indonesia.

Kapital Market Trainer Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Jambi Rena Novita mengatakan, kemajuan investor Indonesia ini, berkat kampanye usaha mini di 29 provinsi. Selain itu, dari pusat juga terus menggalakkan kampanye tersebut yang bertujuan untuk menggaet investor ritel khususnya di daerah.  

"Karena di daerah kebanyakan orang simpan uang di bank, padahal di kampung-kampung mereka memiliki uang banyak namun tidak tahu mengelolanya, paling beli lahan dan garap lahan,” ujar Rena, Selasa (10/07).

“Oleh karena itu, mereka yang memiliki uang banyak itu diarahkan untuk pasang saham di perusahaan perkebunan misalnya,” jelasnya.

Rena menyebutkan, sekitar 50 persen investor domestik Indonesia kebanyakan investor konstitusi. "Kalau di Jambi, sekarang sudah mencapai 5.423 investor per 31 Mei lalu dengan jumlah sub rekening efek sebanyak 6.154, dan yang paling tinggi ada di Kota Jambi," ungkapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh per 25 Juni 2018, menunjukkan total Single Investor Identification (SID) aktif sebanyak 711.000 dengan jumlah retail 697.145 dan institusi sebanyak 13.955. “Sedangkan rata-rata transaksi harian per tanggal 9 Juli 2018 sebanyak 8 triliun,” katanya.

Selanjutnya, program ke desa untuk wilayah Jambi ada rencana kerja sama dengan kampus, yang akan menggalakkan posko nabung saham. “Program ini nantinya akan memanfaatkan moment mahasiswa ketika melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke desa-desa,” pungkasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments