Kamis, 20 September 2018

Pleno Penetapan Walikota Jambi Terpilih Tunggu MK


Kamis, 12 Juli 2018 | 09:52:29 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi Wein Arifin mengatakan pleno penetapan wali kota dan wakil wali kota Jambi terpilih pada Pilkada 2018 digelar setelah dikeluarkan surat keterangan dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang gugatan pilkada.

"Kami masih menunggu surat yang dikeluarkan MK yang diteruskan KPU RI, jika surat MK tersebut menyatakan tidak ada sengkata pada Pilkada Kota Jambi, maka segera menyusun agenda pleno penetapan wali kota dan wakil wali kota terpilih," katanya, di Jambi, Rabu (11/7).

Wein mengatakan SK MK itu dikeluarkan pada 23 Juli 2018 mendatang, bagi daerah yang tidak ada sengketa harus segera menetapkan kepala daerah terpilih.

"Jadi kita masih menunggu SK MK itu, untuk tanggal penetapan kepala daerah terpilih belum bisa kita pastikan," ujarnya pula.

Pilkada Kota Jambi diikuti dua pasangan calon yakni Abdullah Sani-Kemas Alfarizi nomor urut satu, dan Syarif Fasha-Maulana nomor urut dua.

Dalam pleno rekapitulasi hasil pemungutan dan penghitungan suara Pilwako Jambi 2018 menyatakan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi nomor urut dua, Fasha-Maulana unggul perolehan suara.

Fasha-Maulana memperoleh sebanyak 147.652 suara dan pasangan nomor urut satu, Abdullah Sani-Kemas Alfarizi memperoleh 117.435 suara dengan total suara yang sah yakni 265.087 suara.

Dalam pilkada ini tidak ada gugatan hasil pilkada ke MK oleh pasangan calon yang tidak unggul. Hanya saja tim paslon nomor urut satu menyatakan tidak bersedia untuk menandatangani hasil pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU Kota Jambi.

Meski tidak ada tanda tangan oleh tim paslon satu, tidak menghalangi pleno tersebut.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments