Sabtu, 22 September 2018

Jadi Barang Rongsokan, Kapal Tungkal Samudra akan Dilelang


Kamis, 12 Juli 2018 | 14:17:42 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KUALATUNGKAL - Aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) berupa Kapal MVTungkal Samudra 01 yang dibeli tahun 2002 lalu seharga Rp 14 miliar, kini hanya jadi barang rongsokan. Bahkan Pemkab Tanjabbar berencana untuk melelang kapal tersebut.

Kabarnya, aset milik Pemkab Tanjabbar tersebut kini hanya menjadi seonggok besi tua yang bersandar di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur sejak 2015. Bahkan saat ini kondisi kapal tersebut rusak parah.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tanjabbar Rajiun Sitohang tidak menapik hal tersebut. Bahkan Rajiun mengatakan bagian dek dan body kapal sudah ambruk dan berlumut.

"Kapal itu sudah tidak bisa diapa-apakan lagi. Memang harus segera dijual," kata Rajiun, Rabu (11/7).

Terkait kasus hukum yang sempat membelit pembelian Kapal MV Tungkal Samudra tersebut, dia menjelaskan, Pemkab sudah meminta surat pernyataan clean and clear dari Kepolisian dan Kejaksaan.

Isi dari surat itu adalah, bahwa dua instansi vertikal tersebut menyatakan, tidak ada persoalan jika ingin melelang kapal itu.

"Walau kita sudah ada surat itu, tapi saya tetap memerintahkan bawahan saya untuk menelaah isi kedua surat itu ke bagian hukum baru kemudian didisposisi ke kabidnya. Surat itu sudah empat hari yang lalu saya buat," beber Rajiun.

Untuk lelang ini, Rajiun mengatakan pihaknya akan meminta bantuan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) supaya bisa menghitung nilai kapal yang dibeli tahun 2004 silam tersebut.

"Nanti kita surati KPKNL. Berapa nilai yang layak untuk kapal itu. Kalau ada yang mau beli sampai miliaran wah sudah hebat sekali itu," pungkas Rajiun.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments