Kamis, 20 September 2018

Dinkes Sarolangun Imbau Masyarakat Ikutsertakan Anak di Imunisasi MR


Kamis, 12 Juli 2018 | 14:35:28 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAROLANGUN - Untuk melindungi anak-anak dari penyakit dan kecacatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sarolangun mengimbau masyarakat untuk sama-sama mengikutsertakan anak-anaknya di imunisasi Campak-Rubella (MR).

H Adnan, Kepala Dinkes Sarolangun mengatakan, banyak hal positif yang akan didapatkan jika ikut imunisasi campak-rubella. Salah satunya menghindari dari kecacatan, sebab campak dan rubella tersebut merupakan virus yang bisa menjadi penyebab kecacatan, yang cara perkembangannya bisa melalui keturunan maupun menular.

“Pokoknya anak yang sudah berusia sembilan bulan hingga lima belas tahun wajib ikut imunisasi campak dan rubella,” ujar Adnan, Kamis (12/7).

Untuk menyukseskan imunisasi tersebut tambah Adnan, pihaknya bersama jajaran akan turun langsung ke tengah masyarakat dan sekolahan, mulai dari TK, SD, SMP hingga SLTA kelas satu.

“Mulai bulan Agustus mendatang kami akan ke sekolah-sekolah, dan bulan september baru ke posyandu,” jelasnya.

Disinggung berapa banyak anak yang menjadi sasaran imunisasi campak dan rubella di Kabupaten Sarolangun, Adnan menerangkan ada sekitar delapan puluh dua ribu anak, yang tersebar di sepuluh kecamatan dalam kabupaten Sarolangun.

“Karena ini sifatnya suntik, maka tim medis langsung yang menanganinya, berbeda dengan obat tetes bisa dibantu oleh kader, namun kader tetap kami harapkan bisa membantu sosialisasi,” terangnya.

Terkait pandangan ulama sendiri terhadap imunisasi campak-rubella tersebut, Kadinkes mengatakan sudah ada keputusan MUI pusat, bahwa dinyatakan halal. "Insyaallah halal, sudah ada petunjuk dari MUI pusat,” tandasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments