Minggu, 29 Maret 2020

35 Pelanggaran Diproses, 15 Diantaranya Pidana Pemilu


Sabtu, 14 Juli 2018 | 11:41:09 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Jambi berjalan aman dan lancar. Namun bukan berarti tidak ada pelanggaran pemilu di tiga daerah, yaitu Kota Jambi, Merangin, dan Kabupaten Kerinci.

Tercatat, selama pelaksanaan Pemilu tiga daerah ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Merangin, Kota Jambin dan Kerinci telah memproses 35 pelanggaran.

Rinciannya 18 pelanggaran di Kota Jambi, 10 pelanggaran di Merangin, dan 13 pelanggaran di kabupaten Kerinci. Dari jumlah itu, 15 diantaranya merupakan pidana pemilu.

Aprizal, pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi msngatakan, pidana pemilu termasuk yang banyak ditangani. Misalnya di Kota Jambi, ada 5 dugaan pidana pemilu dimana satu diantaranya sudah naik ke penyidikan.

Selanjutnya, untuk Merangin ada 1 penanganan pidana pemilu namun belum memenuhi unsur untuk naik ke penyidikan. Sementara di Kerinci ada 9 pelanggaran pidana Pemilu, satu diantaranya naik ke penyidikan.

Selain sifatnya pidana, juga ada pelanggaran administrasi, kode etik yang ditemukan. “Sementara pelanggaran lainnya ada 22 seluruhnya di tiga daerah,” ujarnya, Jumat (13/7).


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments