Senin, 26 September 2022

KGS Jambi Gelar Pelatihan Guru dan Orientasi Orangtua Siswa

Jelang Dimulainya Tahun Ajaran Baru

Senin, 16 Juli 2018 | 10:12:43 WIB


Foto bersama manajemen KGS Jambi dan orang tua siswa
Foto bersama manajemen KGS Jambi dan orang tua siswa / Jainal Abidin

JAMBI – Jelang kegiatan belajar mengajar (KBM) di tahun ajaran baru 2018/2019, Kanaan Global School (KGS) Jambi beberapa waktu lalu menggelar persiapan dan pemantapan internal sekolah.

Persiapan yang dilakukan antara lain, menggelar pelatihan atau training bagi tenaga pengajar di lingkungan sekolah selama 2 pekan.
Manajemen KGS Jambi, Lius Iman Santoso Ciputera mengatakan, kegiatan pelatihan ini sebagai persiapan awal sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Makanya, waktu pelatihan lebih panjang dari tahun sebelumnya. "Pelatihan seperti ini rutin kita lakukan setiap tahun jelang dimulainya tahun ajaran baru," ungkapnya, Sabtu (14/7) lalu.

Lius menyebutkan, dengan panjangnya waktu pelatihan, materi yang diberikan juga bervariatif dengan pembicara berbeda, baik dari luar sekolah maupun dari dalam sekolah sendri.

Beberapa pemateri dari luar sekolah diantaranya Dr Yosua dari Indonesia Internasional Institute for Life Sciences (I3L) dengan tema membahas bagaimana mendidik anak dalam abad 21.

Lalu, Dr Philips Gunawidjaja yang memberikan materi pelatihan guru tentang penggunaan kurikulum Cambridge (Inggris) dan Indah dari Letterland (Inggris) yang memberikan materi pelatihan “Phonics” dalam bahasa Inggris.

Sementara pemateri dari internal, diantaranya manajemen dan kepala sekolah dengan pembahasan budaya sekolah berkarakter, cara mengajar yang kreatif dan menyenangkan, dan mempelajari jenis-jenis kepribadian manusia untuk dapat lebih tepat dalam mendidik anak sesuai kepribadiannya.

Pihaknya juga menggelar kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada orangtua siswa yang anaknya baru masuk tahun ini.
Tujuannya supaya orang tua murid mengenal sekolah terlebih dahulu sebelum anak-anak mulai belajar. "Termasuk aturan dan tata tertib, perkenalan tenaga guru dan pegawai, pembagian kelas dan memperkenalkan program unggulan sekolah- pendidikan karakter dan kurikulum Cambridge. Agar setelah mengikuti kegiatan belajar, para orang tua dan siswa tidak canggung," bebernya.

Dikatakannya, kegiatan orientasi ini berkolaborasi dengan Dr Philips Gunawidjaja sebagai konsultan sekolah yang berpengalaman dalam dunia pendidikan di Indonesia hampir 15 tahun.

"Tentunya kita mengundang yang sudah berkompeten dan memberikan pengaruh baik bagi sekolah dan orangtua," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments