Senin, 26 September 2022

SMA 5 Didik Siswa Baru Berdisiplin

Isi Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Rabu, 18 Juli 2018 | 11:37:16 WIB


Kepala SMA Negeri 5 Kota Jambi berbaur dan makan siang bersama siswa baru
Kepala SMA Negeri 5 Kota Jambi berbaur dan makan siang bersama siswa baru / Jainal Abidin

JAMBI - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Jambi sejak Senin (16/07) menggelar kegiatan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diikuti 280 siswa baru.

Kegiatan ini dilakukan di lingkungan sekolah dengan beragam materi yang diberikan sekolah, maupun pemateri dari luar.

Ada hal menarik yang dilakukan selama MPLS ini. Sejak awal sekolah mengajarkan kedisiplinan kepada siswa baru. Bahkan untuk melatih hal tersebut, sekolah mendatangkan pelatih dari Kodim 0415 Kota Jambi.

"Mereka dilatih dalam hal baris berbaris untuk melatih kedisiplinan diri," ujar Kepala SMA Negeri 5, Harun Sohar, Selasa (17/7) kemarin.

Menurut Harso sapaan akrabnya, kedisiplinan kunci dasar siswa mengikuti pendidikan karakter. Segala kegiatan dan aktivitas yang dikerjakan akan menghasilkan hasil terbaik dan memuaskan jika berdisiplin. "Perencanaan juga lebih matang kalau disiplin," ujarnya.

Dijelaskannya, dalam MPLS tidak ada lagi perpeloncoan atau kekerasan yang dilakukan kakak kelas kepada siswa baru.

Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. "Intinya MPLS untuk memperkenalkan lingkungan sekolah," paparnya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang memperkenalkan program sekolah seperti mengenalkan wiyata mandala, kondisi sekolah dan materi lainnya untuk pendidikan. "Termasuk prestasi yang diraih sekolah," paparnya.

Harso berharap, kegiatan ini berjalan baik hingga penutupan dan dapat menambah ilmu baru bagi siswa yang mengikuti.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments