Senin, 26 September 2022

Orangtua Dihimbau Tidak Selalu Dampingi Anak

Kamis, 19 Juli 2018 | 11:51:49 WIB


Kepala SD 19 Kota Jambi, Indrawati saat memberikan arahan kepada siswa baru
Kepala SD 19 Kota Jambi, Indrawati saat memberikan arahan kepada siswa baru / Jainal Abidin

JAMBI – Salah satu cara melatih anak agar mandiri adalah orangtua tidak boleh terlalu memanjakan anaknya, terlebih saat berada di sekolah.
Meskipun sang anak baru memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar, orangtua cukup mengantar dan menjemput di sekolah.

Aturan inilah yang ditetapkan SD Negeri 19 Kota Jambi. Siswa baru hanya boleh ditemani orangtuanya di dalam kelas saat hari pertama masuk sekolah.

Pada hari berikutnya, orangtua hanya boleh mendampingi di depan kelas atau meninggalkan pulang. "Sejauh ini orangtua tidak ada yang di dalam kelas, anak-anak juga aman, tidak ada yang menangis," ujar Kepala SD 19 Kota Jambi, Indrawati, Rabu (18/7) kemarin.

Menurutnya, anak-anak yang kini duduk di kelas I ini sudah terbiasa melakukan aktifitasnya secara mandiri. Bahkan sekolah tidak kuatir kegiatan belajar terganggu apabila orangtua tidak mendampingi. "Karena, rata-rata mereka sudah terbiasa sejak TK," ungkapnya.

Dengan adanya aturan ini, diharapkan siswa dapat mandiri tidak tergantung kepada orangtua dan tidak mengganggu pekerjaan orangtua di rumah maupun di kantor.

‘’Sekolah juga selalu mengawasi dan memberikan pendampingan kepada anak, baik dari pendidikan maupun keamanan saat berada di lingkungan sekolah,’’ jelasnya.

Indrawati menambahkan, hari pertama kegiatan MPLS, sekolah melakukan sosialisasi dan pemahaman kepada orangtua siswa, dilanjutkan hari kedua siswa diajak keliling lingkungan sekolah agar memahami dan lebih dekat dengan lingkungan sekolah.Kemudian pada hari terakhir, siswa diajak bermain bersama di dalam kelas dan memperkenalkan kegiatan belajar mengajar.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments