Kamis, 30 Juni 2022

Pemkab dan Kemenag Tanjabbar Gelar Manasik Haji

Rabu, 18 Juli 2018 | 23:14:23 WIB


/ kolase metrojambi.com

KUALATUNGKAL – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) bersama Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanjabbar, Selasa (17/7), mengelar manasik haji masal bagi calon jamaah haji (CJH) yang tahun ini akan berangkat ke tanah suci.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Tanjabbar Dr. Ir. H. Safrial MS. Dalam sambutannya Safrial menyampaikan jika bimbingan manasik haji tersebut bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baik nya bagi CJH, sehingga nantinya dapat menunaikan ibadahnya dengan baik dan berkualitas.

Kepada seluruh CJH Tanjabbar yang tahun ini akan diberangkatkan, Safrial juga meminta untuk selalu menjaga kesehatan. “Persiapkan fisik serta mental, dan ikuti seluruh rangkaian kegiatan manasik agar bisa mandiri. Minimal tahu dan bisa mempraktekkan apa saja yang harus dilakukan di Tanah Suci agar tidak terus bergantung pada pembimbing ibadah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanjabbar H. Buhri mengatakan, dengan manasik massal diharapkan para jamaah akan lebih memahami dan tidak mengalami kesulitan saat nanti beribadah di tanah suci.

“Tahun ini ada penekanan pada teknis pelaksanaannya. Tahun ini ditekankan 30 persen teori dan 70 persen praktik dalam setiap sesinya,” kata Buhri,

Dalam manasik haji massal, para jamaah diberikan beberapa materi. Mulai bimbingan perjalanan haji, kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji, hikmah haji dan pelestarian haji mabrur, kebijakan teknik pelayanan jamaah haji, serta kebijakan teknik pelayanan kesehatan jamaah haji.


Penulis: Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments