Jumat, 1 Juli 2022

Penetapan Pemenang Pilkada Merangin Dijadwalkan Pekan Depan

Kamis, 19 Juli 2018 | 10:52:07 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

BANGKO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin masih menunggu register Mahkamah Konstitusi (MK) untuk melaksanakan Pleno terbuka dengan agenda penetapan pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 atau calon terpilih.

Hal itu guna memastikan ada atau tidaknya gugatan terkait Pilkada Merangin 27 Juni lalu. Jika register sudah diumumkan oleh MK, maka bila ada gugatan pleno akan dilakukan menunggu putusan MK.

Namun jika tidak ada gugatan maka KPU akan segera menjadwalkan Pleno penetapan pemenang Pilkada 2018. "MK akan merigister seluruh gugatan pada 23 Juli mendatang, terkait ada atau tidak gugatan di Pilkada Merangin," kata Ketua KPU Merangin Iron Isroni, Kamis (19/7).

"Jika tidak ada gugatan, maka pleno penetapan pemenang Pilkada bisa kita lakukan pada 24 atau 25 Juli 2018," ujarnya lagi.

Dilanjutkan Iron, KPU sudah harus melakukan rapat pleno terbuka penetapan pemenang Pilkada pada rentan waktu 24 atau 25 Juli itu. Setelah itu, KPU akan menyampaikan hasilnya kepada DPRD Merangin.

"Lalu DPRD Merangin menyampaikan usulan pelantikan kepada Gubernur Jambi," ujarnya.

Dikatakannya lagi, untuk pelantikan bupati dan wakil bupati Merangin terpilij bisa dilakukan langsung oleh Preseden RI, Joko Widodo atau diwakilkan kepada Gubernur Jambi (Plt), Fachrori Umar.

"Untuk pelantikan bisa dilakukan oleh Presiden atau diwakilkan kepada Gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments