Minggu, 15 September 2019

Kades Diminta Transparan Dalam Penggunaan Dana Desa


Minggu, 25 Agustus 2019 | 20:42:54 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KERINCI - Sebagian Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Kerinci saat ini sudah mulai mencairkan Dana Desa (DD) tahun 2019. Inspektorat Kerinci selaku pihak pengawas berharap agar penggunaan Dana Desa dilakukan secara transparan dan sesuai aturan yang berlaku.

Kepala Inspektorat Kabupaten Kerinci Zainal Efendi, SP meminta kepada Kades untuk melibatkan unsur-unsur yang terkait agar tidak ada permasalahan yang timbul terkait pengelolaam Dana Desa.

“Saya berharap DD tahun 2019 ini dapat terlaksana dengan tepat sasaran dan kepada Kades agar melibatkan unsur-unsur yang ada di Desa agar DD tahun 2019 dapat terlaksana sesuai yang diinginkan masyarakat,” kata Zainal, Minggu (25/8/2019).

Ditambahkan Zainal, agar tidak menimbulkan permasalahan dan konflik sosial di tengah masyarakat, pengelolaan Dana Desa harus dilakukan dengan transparan.

“Kami (Inspektorat, red) dari sisi pengawasan akan mempermudah semuanya, supaya kita tehindar dari permasalahan yang dimunculkan dalam pelaksanaan DD,” ucap zainal.

Jika ada masalah dalam pengelolaan Dana Desa, lanjut Zainal, pihaknya selalu siap untuk memberikan konsultasi untuk memperbaiki dalam proses Dana Desa itu sendiri, sebagai internal dalam pengawasan tentu ada pembinaan yang mengarah kepada aturan-aturan yang berlaku.

“Intinya, kami mengharap kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Kerinci agar mengikuti aturan dan apabila ada aduan dari masyarakat kita akan melakukan evaluasi kalau ada ditemukan permasalahan tentu ada perbaikan kedepannya,” pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments