Sabtu, 18 September 2021

Titik Panas Menyebar di 22 Lokasi, Terbanyak di Muarojambi

Senin, 30 Juli 2018 | 10:36:30 WIB


Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi Kabupaten Tebo. Petugas tengah berjibaku memadamkan api.
Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi Kabupaten Tebo. Petugas tengah berjibaku memadamkan api. / istimewa

JAMBI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi mencatat, Minggu, pukul 07.00 WIB, Minggu (29/7) kemarin, sebanyak 22 titik panas (hotspot) terdeteksi sensor modis satelit Terra-Aqua dan Suomi NPP .

Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi, Nurangesti, mengatakan, titik panas terpantau di tiga kabupaten dengan tingkat kepercayaan (confident) terjadinya kebakaran 51 hingga 100 persen.

"Titik panas terpantau di kabupaten Muarojambi sebanyak 15 titik, Kabupaten Tebo enam titik dan Kabupaten Sarolangun satu titik," katanya.

Dijelaskannya, di Kabupaten Muarojambi terdeteksi di dua kecamatan yang berdekatan, yakni Kumpeh dan Kumpeh Ulu. Di Kecamatan Kumpeh terdeteksi 12 titik dengan tingkat kepercayaan ada yang 100 persen atau dapat dipastikan terjadinya kebakaran lahan.

Sedangkan, di Kecamatan Kumpeh Ulu terdeteksi tiga titik dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran 78, 88 dan 98 persen. Di Kabupaten Tebo terdeteksi enam titik yakni lima titik di kecamatan Sumay dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran 71, 80, 85 dan ada yang mencapai 100 persen.


Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments