Minggu, 22 September 2019

Rekanan Belum Kembalikan Temuan BPK


Rabu, 08 Agustus 2018 | 14:00:53 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SUNGAIPENUH - Hingga memasuki awal Agustus 2018, masih ada pihak rekanan yang belum mengembalikan temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Wilayah Jambi pada 2017 lalu ke kas negara.

Meskipun masih ada pihak ketiga yang belum mengembalikan, namun seluruh temuan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Sungaipenuh, sudah selesai seratus persen.

"Benar, saat ini semua temuan BPK 2017 pada OPD sudah selesai ditindaklanjuti," sebut Suhatril, Inspektur Inspektorat Kota Sungaipenuh, Selasa (7/8).

Namun, Suhatril mengakui, hingga saat ini ada rekanan yang belum mengembalikan. "Memang tidak semuanya temuan pihak ketiga belum dikembalikan, hanya sebagian yang belum. Tapi kita telah menyurati agar segera dikembalikan," ungkap dia.  

Ditegaskannya, sesuai pasal 20 Undang-undang nomor 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara, rekomendasi dalam LHP BPK tersebut wajib ditindaklanjuti.

Terkait jumlah temuan dan sisa yang belum dikembalikan, dirinya tidak mengetahui secara pasti. "Yang jelas semua OPD sudah selesai, hanya tinggal beberapa rekanan yang belum mengembalikan. Kalau jumlah angkanya, saya kurang tahu pasti," tutur Suhatril.

Sebelumnya, Walikota Sungaipenuh Asafri Jaya Bakri, usai pandangan fraksi dewan juga mempersilakan dewan memanggil Inspektorat untuk didengar keterangannya terkait pengembalian temuan BPK.

"Silakan dewan panggil inspektorat dan SKPD. Terkait temuan ini, saya juga akan panggil mereka sebagai atasan. Mari kita cari solusi dan sanksi yang akan diberikan bagi melanggar, salah satunya tidak boleh mengerjakan proyek pada tahun yang akan datang," sebut walikota.

Di samping itu, pada kesempatan yang sama, walikota juga mengajak semua elemen dan masyarakat Kota Sungaipenuh berperan dalam peningkatan pembangunan di Kota Sungaipenuh, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments