Senin, 19 April 2021

54 Paskibra Provinsi Intensif Latihan

Dibagi 2 Kelompok, Sabang dan Marauke

Kamis, 09 Agustus 2018 | 10:09:20 WIB


Anggota Paskibra tingkat Provinsi Jambi saat menjalani latihan di lapangan kantor gubernuran Jambi.
Anggota Paskibra tingkat Provinsi Jambi saat menjalani latihan di lapangan kantor gubernuran Jambi. / Jainal Abidin

JAMBI - Sebanyak 54 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) mulai latihan intensif. Puluhan pelajar dari berbagai SMA ini, akan bertugas sebagai pengibar dan penurunan bendera pada upacara hari ulang tahun ke-73 Repubik Indonesia 17 Agutus 2018.

Sejak 29 Juli lalu, mereka masuk asrama pelatihan selama 22 hari hingga 18 Agustus mendatang.Salah satu pelatih Paskibra tingkat provinsi, Hendri Purnama Putra mengatakan, sebenarnya yang menjadi anggota sebanyak 56 orang, namun dua orang disiapkan untuk menjadi anggota ditingkat nasional yang akan mengibarkan bendera dihadapan Presiden RI.

"Saat ini keduanya tengah mengikuti latihan untuk tingkat nasional," ujarnya, Rabu (8/8) kemarin.Menurutnya, anggota Paskibra tingkat provinsi ini, dibagi menjadi 2 kelompok yang memiliki peran dan fungsi mengibarkan dan menurunkan bendera bersama dengan anggota TNI dan Polisi. "Mereka dibagi menjadi jelompok Sabang dan kelompok Marauke," katanya.

Disebutkannya, kegiatan anggota Paskibra dimulai sajak pagi hari dengan bangun pagi dan menjalankan ibadah shalat subuh bagi yang muslim.Selanjutnya, melakukan senam bersama, sarapan dan apel bendera. "Baru dilanjutkan latihan sampai pukul 17.00 Wib setiap hari," ungkapnya.

Hendri menjelaskan, latihan jelang puncak peringatan hari kemerdekaan RI ini, mengutamakan kedisiplinan diri. Sebab, kalau disiplin sudah tertanam, segala masukan yang diberikan pelatih akan diserap dengan baik. "Kalau sudah disiplin, anggota akan mudah memahami," sebutnya.

Selama menjalani latihan, pihaknya tidak menemukan kendala, hanya saja masih sulit menyamakan persepsi antar anggota dari kabupaten/kota yang memiliki ambisi dan tujuan berbeda, terlebih diusia remaja yang masih mencari jati diri.

"Makanya, selama latihan di lapangan kantor Gubernur Jambi ini, mereka semua kita samakan persepsi," katanya.

Ia berharap pada pelaksanaan peringatan HUT RI ke-73, 17 Agustus mendatang, semua anggota kompak dan melaksanakan tugasnya menaikkan bendera dengan tepat dan menurunkan dengan baik."Selain itu, diharapkan juga mereka dapat membawa ilmu baru ke kabupaten/kota masing-masing," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments