Sabtu, 20 Juli 2019

Pelaku Pencurian yang Ditangkap Polda Jambi Ternyata Pernah Beraksi di Malaysia


Kamis, 09 Agustus 2018 | 15:11:42 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jambi berhasil mengungkap kasus pencurian dengan modus pecah kaca yang terjadi di Jalan Sriwijaya, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi pada 25 Juli 2018 lalu. Dua dari empat orang pelaku berhasil ditangkap.

Pelaku yang berhasil ditangkap bernama M Said dan Andhika. Sementara itu dua orang pelaku lainnya, yakni Antoni dan Koim, saat ini masih dalam pencarian pihak kepolisian.

“Pelaku yang kita tangkap ini ada yang merupakan eksekutor. Sedangkan otaknya masih kita cari,” kata Direktur Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Banedictus Anies Purnawan, Rabu (8/8).

Dalam aksinya, lanjut Anies, kawanan pelaku berhasil membawa kabur uang Rp 500 juta milik PT Musi Mitra Jaya. Sebelumnya, kata Anies, uang tersebut diambil oleh karyawan yang memang ditugaskan oleh pihak perusahaan.

Awalnya, kata Anies, uang diambil dari Bank Mandiri. Sebagian diantaranya kemudian dibelanjakan untuk keperluan perusaan. Sedangkan sisanya Rp 500 juta, akan dibawa pulang ke perusahaan.

Namun dalam perjalanan pulang, korban singgah di lokasi kejadian untuk makan malam. Saat ditinggal makan malam itulah kawanan pelaku beraksi dengan memecahkan kaca mobil menggunakan batu. Setelah berhasil mengambil uang yang ada di dalam mobil, kawanan pelaku langsung melarikan diri.

“Dalam kasus ini tidak ada motif dendam. Antara korban dan pelaku juga tidak saling kenal,” ujar Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan, dari hasil pemeriksaan diketahui jika pelaku sudah pernah beraksi di tempat lain. Bahkan Anies mengungkapkan ada diantara pelaku yang pernah melakukan aksi kejahatan di Malaysia.

“Sudah beberapa kali. Termasuk di luar negeri, di Malaysia. Di Bangka Belitung juga,” beber Anies.

Terkait uang Rp 500 juta milik PT Musi Mitra Jaya, Anies mengatakan oleh para pelaku sudah dibagi-bagi. Bahkan uang tersebut sebagian besar sudah habis digunakan pelaku untuk poya-poya.

“Terkait kasus ini kita mengamankan barang bukti uang lebih kurang Rp 29 juta, sisa dari Rp 500 juta yang dicuri. Selain itu, juga kita amankan dua unit sepeda motor,” kata Anies.

Dikatakannya lagi, saat ini kedua pelaku masih ditahan di Mapolda Jambi guna proses lebih lanjut. “Kasusnya juga masih kita kembangkan. Termasuk melakukan pencarian terhadap dua pelaku lainnya,” pungkas Anies.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments