Rabu, 24 Oktober 2018

SMP 24 Banyak Terima Masukan

Penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Jambi

Jumat, 10 Agustus 2018 | 14:42:09 WIB


Tim penilai sekolah adiwiyata tingkat Kota Jambi memantau lingkungam sekolah dan mewawancarai siswa SMP Negeri 24
Tim penilai sekolah adiwiyata tingkat Kota Jambi memantau lingkungam sekolah dan mewawancarai siswa SMP Negeri 24 / Jainal Abidin

JAMBI- SMP Negeri 24 Kota Jambi, Kamis (9/8) kemarin mengikuti penilaian sebagai sekolah adiwiyata tingkat Kota Jambi. Penilaian dilakukan tim asesor Kota Jambi dari BLH, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota ajambi, dan tim penilai sekolah sehat lainnya.

Kepala SMP Negeri 24, Boy Surau mengatakan, yang dinilai adalah penghijauan dan kebersihan lingkungan sekolah yang meliputi kebersihan kantin, ketersediaam bank sampah sementara, lobang bioperi atau pupuk dari sampah, dan tempat mengelola atau mendaur ulang barang bekas jadi barang bernilai ekonomi.

"Semuanya dinilai, termasuk juga lingkungan sekolah yang hijau dengan tumbuhan dan tanaman," ujarnya.

Menurut Boy, dari hasil penilaian sementara, pihaknya banyak menerima masukan mengenai kekurangan seperti ketersediaan toilet sekolah yang jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah peserta didik.

Selain itu, kondisi dan kenyamanan serta toilet yang kurang bersih. "Penilai bilang WC kita jorok, karena sekolah kita sulit air ditambah musim kemarau," jelasnya.

Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang baru dilakukan penghijauan masih gersang dan tandus, lantaran minimnya jumlah pohon yang ditanam.
Namun dari sisi lainnya, saat ini sekolah sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya yang kekurangan pengelolaan dan berantakan.

Dikatakannya, pihaknya mulai melakukan persiapan sekolah adiwiyata ini, sejak 1 tahun lalu dengan melakukan penanaman dan menata lingkungan sekolah. Apalagi, kondisi tanah sekolah yang berada di Kenali ini tidak rata. "Makanya kita berusaha menata seapik mungkin," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments