Senin, 26 September 2022

Siswa SMK 3 Praktik Mengukur Jalan

Pengembangan Pelajaran STG

Senin, 13 Agustus 2018 | 10:07:43 WIB


Siswa SMK 3 Jambi saat praktik mengukur jalan
Siswa SMK 3 Jambi saat praktik mengukur jalan / Jainal Abidin

JAMBI - Sejumlah pelajar siswa Kelas XII Jurusan Geomatika SMK Negeri 3 Kota Jambi beberapa waktu lalu, secara berkelompok mengukur jalan gang di lorong STM Bawah, Simpang III Sipin atau belakang Jamtos.

Para pelajar SMK 3 ini sedang mempraktikkan mata pelajaran Sistem Teknologi Geografis (STG) yang diberikan oleh guru mata pelajaran bersangkutan.

Salah satu ketua kelompok, Yusuf Effendi menyebutkan, kegiatan praktik yang dijalani bersama siswa lainnya dalam satu tim ini, untuk mengetahui kedataran tanah yang berada di sekitarnya.

"Kita ingi mengetahui berapa jumlah kubik tanah yang harus digali atau ditimbun," ujar saat dijumpai di lokasi praktik.

Menurutnya, untuk praktik ini, siswa dibagi menjadi  beberapa kelompok. Dengan menggunakan alat pengukur jalan, siswa fokus mengukur dan memperhatikan jalan yang menjadi bahan objek praktik.

"Kita bagi-bagi bagi tugas dalam kelompok, ada yang mengukur, memastikan ukuran, dan mencatat data," ungkapnya.Dijelaskannya, hasil yang didapat masing-masing kelompok akan berbeda, karena lekukan atau bentuk jalan berbeda.

Effendi menyebutkan, selama mengikuti praktik ini, dirinya mengalami kendala ketika mengukur jalan yang menikung sehingga titik tikungan susah diukur menggunakan alat. Untuk mengatasi kendala itu, ia bersama kelompoknya menempelkan alat pengukur atau tembak lurus. "Supaya hasil pengukuran tepat dengan di lapangan," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments