Jumat, 28 Februari 2020

Tiga Puskesmas di Sungaipenuh Belum Terakreditasi


Senin, 13 Agustus 2018 | 11:23:55 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SUNGAIPENUH – Tiga dari 11 unit Puskesmas yang berada di Kota Sungaipenuh, saat ini masih belum terakreditasi. Sementara delapan lainnya sudah mendapatkan akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI dari tahun 2016, 2017, dan 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh, Zul Fikri menyebutkan, pihaknya terus mengupayakan semua Puskesmas yang ada di Kota Sungai Penuh mendapat akreditasi dari pemerintah pusat.

Proses untuk mendapat akreditasi kata Zul Fikri, tidaklah mudah, cukup banyak penilaian yang dilakukan, salah satunya terkait pelayanan kepada masyarakat.

Dijelaskannya, dari 11 Puskesmas di Sungaipenuh, 4 telah terakreditasi pada tahun 2016 yaitu, Puskesmas Sungaipenuh, Puskesmas Desa Gedang, Puskesmas Kemun dan Puskesmas Tanah Kampung.

Lalu, pada tahun 2017, Dinas Kesehatan Sungaipenuh kembali mendapatkan 4 Puskesmas yang terakreditasi diantaranya Puskesmas Rawang, Puskesmas Koto Baru, Puskesmas Koto Lolo, dan Puskesmas Sungai Bungkal.

Kemudian, pada tahun 2018, pihaknya tinggal menunggu Surat Keputusan(SK) dari Kemenkes untuk mengakreditasi dua lagi puskesmas, yaitu Puskesmas Pondok Tinggi dan Puskesmas Sungai Liuk.

“Secara lisan sudah terakreditasi, hanya tinggal menunggu SK dari pusat. Insya Allah dua Puskesmas tersebut akan mendapat akreditasi,” jelasnya.

Sementara satu Puskesmas lagi di Tanjung Rawang, saat ini belum bisa diajukan untuk mandapat akreditasi karena baru beroperasi terhitung Maret 2018 ini.

“Kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk seluruh Puskesmas di Sungai Penuh, dan mendapat pelayanan semaksimal mungkin bagi masyarakat Sungai Penuh dan Kerinci umumnya,” tandasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments