Rabu, 19 Mei 2021

Makna dan Harapan SAH di Hari Pramuka ke 58 Tahun 2018


Rabu, 15 Agustus 2018 | 14:55:50 WIB


/ istimewa

JAMBI - Pimpinan Komisi Pendidikan DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) meminta Gerakan Pramuka tetap dijadikan sebagai wadah generasi muda dalam membina akhlak, budi pekerti, watak, dan perilaku.

Dalam kaitan ini SAH berharap Gerakan Pramuka terus ditingkatkan untuk mengasah keterampilan, inovasi, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. "Agar generasi kita kini dan mendatang memiliki daya saing yang tinggi," kata Anggota Fraksi Partai Gerindra dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke 57 Gerakan Pramuka.

Menurut SAH, Gerakan Pramuka harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme. "Jadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengendalian diri dari pengaruh-pengaruh negatif dan buruk agar generasi dan tunas-tunas bangsa tumbuh secara cemerlang," ujar tokoh yang sering di sebut Bapak Beasiswa Jambi tersebut.        

Selanjutnya ia mengatakan pendidikan kepramukaan tidak tergerus oleh zaman dan tetap berperan besar dalam mencetak generasi muda yang unggul, berkarakter, berilmu, berbudi pekerti, dan mencintai alam. Gerakan Kepramukaan, jelasnya.

Pramuka ditujukan untuk menjadi instrumen yang dibutuhkan para siswa, orang tua, sekolah, dan lingkungan sebagai tempat yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat generasi muda secara positif.

“Mari jadikan kepramukaan sebagai tempat belajar berorganisasi, bergotong royong, memupuk persaudaraan, dan membina kerukunan antar sesama.

Dalam perayaan Pramuka tahun ini SAH mengajak warga turut serta menjadikan Gerakan Kepramukaan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak dalam mencapai cita-cita dan keberhasilan di masa depan.

"Kita semua memiliki tekad yang sama. Kita tidak ingin Gerakan Pramuka melemah aktivitasnya, kurang bersemangat, dan berjalan seadanya," ujarnya.

Ia menilai perlu langkah bersama agar Gerakan Pramuka menjadi kebutuhan bagi pengembangan nilai-nilai mulia seperti terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yang sangat tinggi makna filosofinya sekaligus memiliki nilai keteladanan luhur.

"Oleh karena itu, dalam setiap kesempatan, saya selalu mengatakan bahwa Gerakan Pramuka itu sangat penting bahkan dalam situasi dan perkembangan zaman dewasa ini, pendidikan kepramukaan sangat strategis dan diperlukan oleh bangsa kita,” tandasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments