Rabu, 26 September 2018

Dapat Remisi Kemerdekaan, 14 Narapidana Langsung Bebas


Kamis, 16 Agustus 2018 | 22:07:11 WIB


Bambang Palasara
Bambang Palasara / Rina/metrojambi.com

JAMBI-Dalam rangka Hari Kemerdekaan  ke-73 Republik Indonesia, sebanyak 14 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA kota Jambi yang mendapat RU II atau langsung bebas pada Jumat (17/8) besok.

Bambang Palasara, Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi mengatakan, setelah pelaksanaan upacara hari kemerdekaan akan ada upacara pelepasan tahanan Remisi.

 "Yang diagendakan setelah Salat Jumat dengan diambil alih langsung oleh Plt Gubernur Jambi dan dihadiri semua forkopimda serta tamu undangan," katanya.

"Untuk Lapas Kota Jambi yang besok siang langsung bebas ada 14 orang, sementara yang memperoleh remisi sebanyak 899 orang," katanya.

Adapun rincian narapidana secara keseluruhan yang memperoleh remisi berjumlah 2,399 orang, sedangkan yang langsung bebas di seluruh Provinsi Jambi berjumlah 45 orang. 

Sementara di Tanjung Jabung Timur dan ada 2 orang dengan terobosan baru dalam pelaksanaan upacara dilakukan di kantor Bupati.

"Mengapa di kantor Bupati karena yang bersangkutan langsung bebas dan hanya berjumlah 2 orang. Namun selebihnya upacara dilakukan di Lapas," terangnya.

Dijelaskannya, bahwa pemberian remisi kepada tahanan diberikan bagi mereka yang telah memenuhi masa hukumannya minimal 2/3 atau 3 bulan, lalu tertib mengikuti program guna memulihkan kembali kepercayaan publik melalui pembinaan, dan berkelakuan baik.

"Pemerintah mengapresiasi dengan memberi remisi bagi yang telah berdedikasi dan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Pemberian remisi ini bukan semata-semata hal yang diberikan dengan mudah, bukan juga sebuah pelonggaran. Remisi itu harus dianggap sebagai tanggung jawab untuk mengikuti program pembinaan," ujarnya.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi



comments