Rabu, 21 Agustus 2019

Pengibaran Merah Putih Pertama di Masjid Raya Sungai Penuh (1)


Sabtu, 18 Agustus 2018 | 10:48:03 WIB


Ali Surakhman
Ali Surakhman /

Komite Nasional Indonesia (KNI) wilayah Kerinci dibentuk pada pertengahan bulan September 1945 dengan ketuanya H. Adnan Thaib, berdasarkan keputusan Panitia Persiapan Kemerdekaan tanggal 22 Agustus 1945.

Pada akhir bulan September 1945, H. Adnan Thaib diangkat oleh Residen Sumatera Barat menjadi Demang (Wedana), maka Ketua KNI dijabat oleh Wakil Ketua H. Muchtaruddin.

Kemudian diadakan pemilihan pengurus baru, terpilih serta diangkatlah H. A. Rahman Dayah menjadi Ketua KNI wilayah Kerinci, H. Muchtaruddin menjadi Wakil Ketua dan H. Janan Thaib Bakri menjadi Sekretarisnya.

Sedangkan Badan Keamanan Rakyat wilayah Kerinci yang kemudian menjelma menjadi Tentara Keamanan Rakyat Indonesia dipimpin oleh Mayor A. Thalib, sesuai dengan keputusan Pemerintah Pusat tanggal 5 Oktober 1945 dengan susunan sebagai berikut:

1. Komandan Batalyon III/II    : Mayor A. Thalib

2. Wkl Komandan Batalyon   : Kapten Anwar Bay

3. Komandan Kompi I        : Kapten Mansyur Sami

4. Komandan Kompi II       : Lettu Alamsyah

5. Komandan Kompi IV       : Lettu Mat Deri

6. Komandan Kompi III      : Lettu Hasyimi

Dapat dinyatakan di sini bahwa perobahan nama Badan Keamanan Rakyat (BKR) dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) terjadi pada tanggal 25 Januari 1946, setelah itu baru dibentuk Tentara Nasional Indonesia (TNI) tanggal 13 Juni 1947.

  Daftar nama-nama/tokoh-tokoh yang hadir rapat di rumah Nek Siin tanggal 24 Agustus 1945 sewaktu akan mengibarkan bendera Merah Putih di Masjid Raya Sungai Penuh Jam 08.00 WSU, yaitu:

H. Mukhtaruddin, H. Adnan Thaib, H. A. R. Dayah, H. Karim Maroko, H. Karim Bakir, H. Mohd. Zen, H. Dahlan, H. Agus St. Salim, M. Sulut, M. Yahu, H. Ridwan, Nek Siin, A. Thalib (Tyui), dan di halaman ± 30 orang pemuda dari Gyu-gun, diantaranya Hasyimi dan A. Karim.

Jam 11.30 langsung semuanya menuju Masjid Raya Sungai Penuh untuk pengibaran Bandera Merah Putih yang pertama. Besoknya Sabtu tanggal 25 Agustus 1945 barulah pengibaran dengan upacara di lapangan Sungai Bungkal.

Baru pada tanggal 30 Agustus 1945 datang dua orang mahasiswa dari Jakarta Sadikin Cs. membawa teks asli proklamasi diserahkan kepada H. Adnan Thaib. Sadikin masuk ke Kerinci dengan sampan menyeberangi selat Sunda melalui Bangko terus ke Muara Labuh (keterangan Ir. Sadikin di Kantor Bupati Kerinci saat peresmian Bimas tahun 1970).

 

Sumber :

-   Perjuangan Rakyat Kerinci, Dpt. Alimin

-   Dialog sejarah yang diselenggarakan oleh Museum Perjuangan Rakyat Jambi pada 12 Juli 2012


Penulis: Ali Surakhman
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: - Perjuangan Rakyat Kerinci, Dpt. Alimin - Dialog sejarah yang diselenggarakanoleh Museum Perj


comments