Jumat, 18 Oktober 2019

Polres Tanjabtim Bekuk 3 Pelaku Penggelapan Sepeda Motor


Rabu, 22 Agustus 2018 | 18:46:46 WIB


Polisi bersama para tersangka berikut barang buktinya
Polisi bersama para tersangka berikut barang buktinya / Nanang

MUARASABAK-Jajaran Sat Reskrim Polres Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) berhasil mengungkap tiga kasus penggelapan sepeda motor dengan modus meminjam dari korbannya.

Tak tanggung-tanggung dalam kasus ini polisi berhasil membekuk tiga orang pelaku dan menyita barang bukti sebanyak enam unit sepeda motor sebagai barang bukti pelaku.

Polisi menangkap ketiga pelaku berinisial FG, IA dan NW tersebut lantaran menipu dan menggelapkan kendaraan roda dua dari orang-orang yang baru mereka kenal.Korban pada umumnya tertipu lantaran karena menaruh kepercayaan berlebih dan meminjamkan sepeda motor para pelaku yang baru dikenal tersebut.

Kapolres Tanjung Jabung Timur AKBP Marinus Marantika Sitepu menyebutkan, ketiga pelaku ditangkap berdasarkan laporan para korban. Masing masing ditangkap pada 3, 7 dan 9 agustus 2018 lalu bertepatan dengan waktu pelaksanaan Operasi kejahatan kendaraan oleh polres Tanjung Jabung Timur.

"Nah pelaku ini modusnya berpura-pura meminjam motor korban, lalu tidak dikembalikan untuk dijual," kata Kapolres, Rabu (22/8).

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya ketiga pelaku saat ini mendekam di balik jeruji polres Tanjung Jabung Timur, ketiganya dijerat pasal 372.

"Dengan ancaman 4 tahun kurungan penjara," ujar Kapolres. 

Sementara itu, NW satu diantara pelaku, saat ditanya awak media mengaku bahwa sebagian sepeda motor yang telah ia gelapkan dijual dengan harga Rp 2 juta per unit. 

Warga Kecamatan Kuala Jambi yang bekerja sebagai seorang petani tersebut menyebut uang hasil menggerakkan motor digunakan untuk kebutuhan sehari hari.

"Motornya kami dijual kepada orang lain. Uangnya buat makan-makan," jelasnya.

Sementara itu bagi warga yang merasa memiliki kendaraan pihak polres tanjabtim mempersilahkan untuk mengambil. Dengan catatan warga harus menunjukkan dokumen-dokumen kepemilikan kendaraan.

"Bawa dokumen-dokumen kendaraannya, dan ingat tidak ada setoran atau biaya saat mengambil kendaraannya," tandas Kapolres. 


Penulis: Nanang
Editor: Herri Novealdi



comments