Senin, 16 Mei 2022

Tahun Ajaran Baru, SAH Dorong Perbaikan Pembelajaran di Sekolah

Minggu, 22 Juli 2018 | 14:23:17 WIB


Sutan Adil Hendra
Sutan Adil Hendra / Metrojambi.com

JAMBI - Pimpinan Komisi X DPR yang membidangi Pendidikan, Sutan Adil Hendra (SAH), meminta adanya perbaikan pada proses pembelajaran di sekolah dalam memasuki tahun ajaran baru 2018/2019. Proses pembelajaran ini, menurut SAH, penting karena terkait langsung dengan kualitas yang dihasilkan satuan pendidikan setingkat sekolah.

"Tahun ajaran baru semestinya ada perbaikan dari proses pembelajaran di sekolah, karena disinilah kualitas output pendidikan itu dihasilkan. Berkualitas atau sekedar lulus," ungkapnya.

Terkait dengan hal ini, salah satu sorotan yang masih harus dibenahi adalah penerapan kurikulum 2013 (K13) secara nasional, selama ini belum semua sekolah di tanah air konsisten menerapkan kurikulum tersebut.

"Akibatnya terjadi perbedaan proses pembelajaran di sekolah, baik itu manajemen kelas, strategi belajar, hingga kompetensi yang menjadi acuan," jelas anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI tersebut.

Dikatakannya lagi, salah satu masalah mendasar dari implementasi K13 adalah tingkat pemahaman guru akan kurikulum tersebut masih rendah. Akibatnya, kurikulum ini berjalan dengan kondisi yang tidak ideal.

"Padahal mereka (siswa, red) harus mengikuti metode pengajaran yang berbeda dari kurikulum sebelumnya," ujarnya.

Atas dasar masalah tersebut, SAH meminta Dinas Pendidikan di daerah harus melakukan stressing pada perbaikan proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum tahun 13 ini.

"Tujuannya agar ada percepatan mutu pendidikan seperti yang kita harapkan," pungkasnya.


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments