Selasa, 15 Oktober 2019

Pembangunan Anak Tangga ke Danau Gunung Tujuh Disetop Sementara


Kamis, 30 Agustus 2018 | 21:33:45 WIB


/ kolase metrojambi.com

KERINCI – Setelah melakukan MoU dengan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) wilayah I Kerinci, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci mulai membangun anak tangga untuk menuju objek wisata Danau Gunung Tujuh.

Anak tangga yang akan dibangun oleh Pemkab Kerinci ke Danau Tertinggi Asia Tenggara ini mencapai ribuan anak tangga. Namun untuk pekerjaannya, pihak dari Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) melarang menggunakan alat berat.

“Ya, saat ini ada pekerjaan pembangunan tangga ke Danau Gunung Tujuh,” ujar Kasi BBTNKS Kerinci, Nurhamidi, Kamis (30/8).

Ia mengatakan, untuk pekerjaan yang sedang dilakukan pihaknya meminta untuk berhenti sementara. Sebab pihaknya ingin terlebih dahulu menggelar pertemuan baik dengan pemkab maupun dengan BBTNKS itu sendiri.

“Untuk pekerjaan kita stop dulu. Karena kita ingin koordinasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk pembangunan tangga tersebut pihaknya memang menyetujui karena sudah ada MoU. Namun untuk pekerjaan pembangunannya, hanya sepanjang 250 meter yang boleh menggunakan alat berat.

“Selebihnya dalam pekerjaannya harus dilakukan dengan manual. Tidak boleh menggunakan alat,” sebutnya.

Selain tidak boleh menggunakan alat berat dalam melakukan pekerjaan. Pihak BBTNKS juga melarang melakukan penumbangan pohon yang ada di hutan tersebut.

“Dalam pekerjaannya, tidak ada pohon yang ditumbangkan. Itu sudah ada dalam perjanjiannya,” jelasnya yang mengaku belum bisa menjelaskan lebih detail.


Penulis: Dedi
Editor: Herri Novealdi



comments