Selasa, 17 September 2019

Fasha Harapkan Dukungan Masyarakat Bangun Wisata Kota Jambi

Sidak Danau Sipin dan Proyek Fisik di Kota Jambi

Senin, 10 September 2018 | 17:09:31 WIB


Walikota Jambi Sy Fasha ketika melakukan sidak
Walikota Jambi Sy Fasha ketika melakukan sidak / istimewa

JAMBI - Wali Kota Jambi DR H Syarif Fasha ME, Senin pagi (10/9), kembali melaksanakan rutinitasnya, dengan melakukan inspeksi mendadak terhadap pelaksanaan pembangunan proyek fisik infrastruktur di Kota Jambi.

Sidak kali ini, diawali Fasha dengan mengunjungi kawasan Danau Sipin. Kunjungan untuk kesekian kalinya di kawasan destinasi wisata unggulan masa depan Kota Jambi itu, bukan tanpa sebab.

Wali Kota Jambi yang terpilih untuk kedua kalinya itu, ingin memantapkan pengimplementasian konsep dan rencana strategisnya dalam membangun kawasan Danau Sipin, menjadi objek destinasi wisata unggulan di Kota Jambi.

Fasha langsung mengajak pejabat dan staf teknis terkait dari Dinas PUPR Kota Jambi, Camat, Lurah, Forkompimcam, dan tokoh masyarakat setempat.

Di tepian Danau Sipin, Wali Kota Fasha kembali memaparkan konsep pembangunan Danau Sipin yang lebih futuristis, namun tidak menanggalkan konsep kearifan lokal budaya dan adat Kota Jambi.

"Danau Sipin akan menjelma menjadi kawasan wisata ekonomi dan destinasi wisata unggulan Kota Jambi. Kita akan bangun konsep wisata modern, namun tidak meninggalkan ciri khas, kearifan lokal budaya dan adat masyarakat Kota Jambi. Di sini sudah ada Rumah Tenun. Ke depan akan kami bangun rumah batik di sisi Danau Sipin. Akan kami lebarkan juga jalan poros Danau Sipin. Di pinggir kawasan Danau Sipin akan kita jadikan kampung tradisionil warna warni," jelas Fasha.

Menurut Fasha, hajat besar Pemkot Jambi dalam membangun Danau Sipin sebagai destinasi wisata, mutlak harus didukung seluruh komponen masyarakat, baik masyarakat sekitar danau, maupun masyarakat Kota Jambi pada umumnya.

"Komitmen kami untuk menjadikan Danau Sipin menjadi tujuan wisata, butuh pula didukung oleh komitmen warga masyarakat sekitar dan Kota Jambi pada umumnya. Kita butuh kesadaran masyarakat untuk membebaskan danau dari kerambah dan MCK. Kerambah akan kita tata dan zonasi ulang, sehingga konsep penataan danau akan jadi lebih apik dan indah. Intinya kami tidak akan merugikan masyarakat. Kami berharap masyarakat dapat merubah pola pikir dan mindset, yang awalnya tergantung dari hasil perikanan, untuk dapat beralih ke sektor pariwisata yang lebih menguntungkan. Akan kami bangun sentra UKM dikawasan ini, agar masyarakat sekitar dapat menikmati manfaat hadirnya lokasi wisata di daerah mereka," ujar Fasha.

Di lokasi itu juga, Fasha memaparkan area yang dalam dekat akan dibangun berbagai venue oahraga dan taman tematik Danau Sipin.
"Pembenahan jogging track akan kita anggarkan terus sampai selesai. Jogging track juga akan dilengkapi dengan kanopi dan tempat duduk agar pengunjung nyaman. Di lokasi ini juga akan dibangun berbagai venue olahraga seperti skateboard, BMX, panjat tebing, paralayang dan dayung. Selain sebagai sarana hiburan, area tersebut juga menjadi pusat olahraga air (water sport) di Jambi. Kita ingin dari Kota Jambi terus lahir bibit atlit yang berprestasi dan mendunia," harap Fasha.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Fasha berkesempatan pula menyusuri bagian lain diujung Danau Sipin yang belum tereksplorasi selama ini oleh masyarakat sekitar.Di kawasan tersebut terdapat hutan jati dan rotan, serta ada tempat Ibadah Klenteng yang telah berusia tua.

Fasha pun berencana akan menjadikan kawasan tersebut menjadi target pengembangan selanjutnya kawasan wisata Danau Sipin. Seusai menjelajahi kawasan Danau Sipin, Wali Kota Fasha melanjutkan sidaknya dengan melakukan inspeksi pembangunan proyek fisik infrastruktur dibeberapa kawasan lain, diantaranya pembangunan jalan di kawasan Simpang IV Sipin, sidak pangkalan Elpiji di Sungai Kambang, pembangunan drainase di Kebun Kopi, pembangunan jalan rabat beton di Eka Jaya dan Paal Merah, serta pembangunan Puskesmas Paal Merah II.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Humas Kota Jambi

TAGS:


comments