Minggu, 25 Agustus 2019

Murady: Capai Kesuksesan, Generasi Muda Harus Punya Semangat Usaha


Rabu, 12 September 2018 | 21:59:45 WIB


Murady Darmansyah saat berdialog dengan salah seorang pengusaha kulit manis di Kerinci beberapa waktu lalu
Murady Darmansyah saat berdialog dengan salah seorang pengusaha kulit manis di Kerinci beberapa waktu lalu / metrojambi.com

JAMBI - Generasi muda Indonesia harus memiliki semangat kewirausahaan, tidak boleh hanya berpikir menjadi karyawan. Hal tersebut dilontarkan oleh salah seorang pengusaha sukses asal Provinsi Jambi, Murady Darmansyah, untuk memberikan motivasi kepada generasi muda agar tidak takut menjadi pengusaha.
 
Mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 yang kini kembali bertarung menjadi calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Jambi lewat Partai Gerindra itu menambahkan, ada kepuasan tersendiri apabila menjadi seorang pengusaha.  

“Dengan menjadi pengusaha, siapa pun mampu membuka kesempatan kerja bagi diri sendiri dan orang lain, itu salah satu kepuasan tersendiri,” ujarnya, Rabu (12/9).

Untuk itu, kata Murady, sejak dini generasi muda barus berani menanamkan mental kewirausahaan. "Yang jelas jangan pernah menyerah tanpa perjuangan. Ini esensi semangat kemandirian dan pantang menyerah,” kata Murady.

“Kemudian, juga harus memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap peluang usaha,  Sehingga, kita akan selalu mencari tahu dan tekun untuk belajar dari kegagalan,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Murady mengatakan, kebanyakan pengusaha muda cepat mengeluh apabila usaha yang dijalankannya mengalami kemunduran. Padahal, kata Murady, pengusaha itu harusnya kuat dan siap diterpa badai apapun dalam menjalankan usahanya.

“Sedikit-sedikit mengeluh itu sama sekali tidak boleh, turun naik dalam dunia usaha itu hal yang sudah biasa. Yang saat ini disebut pengusaha sukses itu semuanya sudah jungkir balik dalam dunia usaha, jadi jangan takut,” katanya.  

Dikatakannya lagi, kepuasan lainnya apabila menjadi pengusaha adalah mampu membuka peluang kerja baru bagi masyarakat. “Pemerintah harus bangga pada warga yang berpartisipasi dalam mengurangi angka pengangguran. Berkurangnya angka pengangguran akan berdampak pada penurunan angka kemiskinan,” tegasnya.

“Memang banyak yang takut untuk memulai usaha, karena kelihatannya berat. Memang berat bagi yang tidak berani. Seorang pengusaha itu harus hidup penuh semangat. Tanpa semangat ini seseorang takkan memilih untuk menjadi pengusaha. Terakhir, untuk menjadi pengusaha yang sukses, milikilah mental baja karena fisik saja tidak cukup, kita tunggu ribuan pengusaha dari Jambi,” pungkas Murady. (*)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments