Rabu, 26 September 2018

Siswa SMK Al Irsyad Kelola Lahan Pertanian


Jumat, 14 September 2018 | 11:45:39 WIB


SMK Al Irsyad
SMK Al Irsyad / Jainal Abidin

JAMBI - Sebagai sekolah yang memiliki program keahlian Agribisnis Pembibitan dan Jaringan Kultur, siswa SMK Al Irsyad Kota Jambi diharuskan mampu mengelola lahan pertanian.Terutama bisa mengelola media tanaman hingga nantinya lahan tersebut menghasilkan buah atau tanaman yang siap di panen.

Termasuk mampu mengelola lahan untuk tanaman cabai rawit dengan menggunakan mulsa olastik (lembaran plastik pelindung, red), sekaligus tranplanting bibit cabai menggunakan kemasan gelas bekas minuman.

"Siswa juga dilatih untuk dapat mengerti dasar-dasar budidaya tanaman," ujar Kepala SMK Al Irsyad, Reno Fachrudin, Kamis (13/9) kemarin.
Menurutnya, kegiatan ini merupakan pengembangan kurikulum 2013, dengan mata pelajaran dasar-dasar budidaya tanaman yang diajarkan di Kelas X.

Tujuannya agar siswa memiliki kompetensi dalam bercocok tanam yang baik dan benar, baik tanaman langsung ke media tanah maupun menggunakan air atau holtikultura.

"Selain itu, agar siswa bisa memanfaatkan lahan terbatas menjadi ruang hijau penuh tanaman sayuran," paparnya.Kegiatan ini juga memancing siswa bersemangat mengikuti pembelajaran, terlebih dilakukan di luar ruangan kelas, membuat siswa bersemangat mengolah lahan.

"Karena kalau di luar ruangan, tidak membosankan dan mereka melakukan praktik langsung di lahan pertanian," bebernya.Reno menjelaskan, siswa SMK Al Irsyad juga diajarkan melakukan tanam dengan media cangkok atau potong pohon, sehingga tanaman lebih cepat menghasilkan buah dan media tanam tidak banyak. "Dengan cara ini, cukup menggunakan pot tanaman," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments