Selasa, 20 November 2018

139 Sekretaris dan Bendahara Desa di Sarolangun Ikuti Pelatihan Siskeudes


Jumat, 14 September 2018 | 16:34:59 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAROLANGUN – Aparatur pemerintah desa di Kabupaten Sarolangun terus di dorong untuk maju dan berkembang, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Apalagi saat ini era digitalisasi telah merambah sampai pada sistem pengelolaan keuangan desa.

Untuk mewujudkan itu semua, Pemkab Sarolangun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) bagi 139 orang sekretaris dan bendahara desa.

“Kita berupaya mendorong setiap aparatur pemerintahan desa paham teknologi, untuk menjalankan segala sistem yang ada desa, salah satunya saat ini kita sedang membuat pelatihan aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes) di Jambi untuk aparatur desa,” kata Kepala DPMD Sarolangun Mulyadi saat dikonfirmasi, Jumat (14/9).

“Kalau tidak kita dorong dari sekarang, sudah pasti kita akan terus tertinggal. Hal ini juga untuk meminimalisir terjadinya berbagai pelanggaran oleh aparat desa terhadap laporan keuangan desa,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, pelatihan aplikasi Siskeudes bagi aparat pemerintahan desa sengaja digelar agar ke depan bandahara atau sekretaris desa bisa melaksanakan pengelolaan keuangan desa sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dikatakannya lagi, nantinya pertanggung jawaban mulai dari perencanaan, penata usahaan, hingga pelaporan terkait pengelolaan dana desa, dilakukan lewat aplikasi siskeudes, tidak boleh lagi manual.

“Manual hanya boleh untuk fisik laporannya. Ke depan akan kita arahkan online. Kegiatan ini didampingi oleh BPKP Perwakilan Jambi,” pungkasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments