Selasa, 22 Oktober 2019

Besok, KPU Mulai Rekrut KPPS


Rabu, 27 Februari 2019 | 10:44:15 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota mulai Kamis (28/2) besok, akan melakukan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal, mengatakan, proses seleksi dilakukan lebih selektif dan melihat rekam jejak para pelamar. Tujuannya untuk menghindari mereka yang kemungkinan terlibat partai politik.

“Kita sudah meminta agar proses ini dikawal semua pihak,” ujarnya, Rabu (27/2).

Jika ketahuan melakukan kecurangan, kata Apnizal, maka KPPS yang terpilih langsung dicoret dan akan digantikan dengan nama yang sebelumnya masuk dalam daftar tunggu.

“Jangan main-main, kalau ketahuan akan kita coret,” tegasnya.

Oleh karena itu pihaknya meminta agar proses perekrutan KPPS mendapat pengawasan dari masyarakat. “Kita minta masyarakat juga mengawasi, jika ada yang terindikasi silakan laporkan kepada jajaran kita,” ujarnya.

Lalu berapa jumlah KPPS yang akan direkrut? Apnizal mengatakan jumlah sendiri menyesuaikan dengan banyaknya TPS. Bahkan dari jumlah 11. 431 TPS yang terdata, kemungkinan akan bertambah.

“Jika TPS bertambah, artinya KPPS yang direkrut juga akan bertambah dari jumlah itu. Untuk satu TPS, jumlah personil KPPS yakni 7 orang ditambah 2 personil Perlindungan Masyarakat (Linmas),” terangnya.

Apnizal menyebutkan, perekrutan KPPS harus rampung akhir Maret. Prosenya dilakukan secara terbuka. Semua pihak diperbolehkan mendaftar sejauh memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

"Siapa saja boleh daftar, dengan catatan memiliki KTP dimana dia berdomisili,” katanya.

Dalam perekrutan, personel KPPS yang direkrut akan diprioritaskan bagi orang-orang yang pernah mendapat pelatihan kepemiluan. Bahkan untuk perekrutan sendiri tidak lagi menggunakan rekomendasi Kades atau lurah.

“Tidak adalagi yang namanya rekomendasi dari Kades," tandasnya.

Sahrial


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments