Sabtu, 20 Juli 2019

Pembukaan Festival Kerinci Berjalan Meriah


Rabu, 03 Oktober 2018 | 12:09:37 WIB


Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar saat membuka secara resmi Festival Kerinci 2018
Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar saat membuka secara resmi Festival Kerinci 2018 / Metrojambi.com

KERINCI - Festival Kerinci resmi dimulai, setelah dibuka oleh Pelaksanaan Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar di dermaga Danau Kerinci, Rabu (03/10) kemarin. Peresmian pembukaan Festival Kerinci ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Plt Gubernur Jambi, didampingi Bupati Kerinci H Adirozal. 

Festival Kerinci yang masuk dalam Calender Of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia akan diselenggarakan mulai Rabu 3 sampai dengan 7 Oktober 2018 diadakan di dua zona atau lokasi yakni di Danau Kerinci dan Aroma Pecco Kayuaro. 

Pembukaan Festival Kerinci yang dipusatkan di dermaga Danau Kerinci berbagai atraksi dan tarian kesenian tradisional yang dimiliki oleh Kabupaten Kerinci yang ditampilkan. Salah satunya adalah tarian sudah tuai yang ditampilkan oleh siswi SMP 34, SMP 5 Siulak, SMP 1 Kerinci dan MTSN Koto Majidin memukau seluruh penonton.

Hadir dalam pembukaan ini Staf Ahli Destinasi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dr. M IQbal Alamsyah, Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Kapolda Jambi, Danrem, Kajati Jambi, Anggota DPRD RI berasal dari Kerinci - Sungaipenuh, Provinsi Jambi, Anggota DPRD Provinsi Jambi pemilihan Kerinci, Bupati se-provinsi Jambi dan HKK Provinsi Jambi, Camat, Kades dan para undangan lainnya.

Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar dalam sambutanya meminta kepada masyarakat Kerinci untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan Festival Kerinci ini. "Mari sama-sama kita ramaikan Festival Kerinci ini, agar berjalan lancar dak sukses nantinya," katanya. 

Dia berharap, dengan Festival Kerinci ini bisa menjadi ajang promosi pariwisata yang ada di Provinsi Jambi dan memikat wisatawan untuk berkunjung di provinsi Jambi umumnya dan Kabupaten Kerinci khususnya. 

Bupati Kerinci, Adirozal dalam sambutanya mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang telah hadir dalam pembukaan Festival Kerinci. 

Adirozal mengatakan, pada tahun ini ada perubahan nama Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) menjadi Festival Kerinci, setelah mengadakan pertemuan dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di Jakarta. "Festival Kerinci ini masuk dalam 100 event Nasional dan kelender Kementerian Pariwisata RI," sebutnya. 

Festival Kerinci ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, karena banyak lomba, kesenian dan lomba yang digelar. Selain itu Festival Kerinci ini juga digelar di dua zona yaitu di Zona satu di Danau Kerinci dan zona dua di aroma Pecco Kayuaro.

"Mengapa kami pilih Kayuaro, karena Kayuaro merupakan juara satu dataran tinggi terfavorit di Indonesia dan merupakan kunjungan wisatawan terbanyak di Kerinci," jelasnya. 

Dengan adanya Festival Kerinci ini bisa menarik wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara untuk datang berkunjung ke Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Kerinci.

"Saya minta masyarakat untuk menjaga citra Festival Kerinci ini, karena Kerinci merupakan daerah yang masyarakat ramah kepada tamu yang datang dari luar daerah," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua tim Calender Of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Dr. M Ikbal Alamsyah dalam sambutannya menyebutkan, dari data yang dimiliki Kementerian jumlah kunjungan wisatawan ke Kerinci pada tahun 2011 sebanyak 570. Sedangkan pada tahun 2017 kemarin meningkat menjadi 7.571 wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi Kerinci. 

"Ini adalah perkembangan dan keberhasilan yang luar biasa untuk pariwisata Kerinci," katanya. 

Disebutnya lagi, sebagai Branding pariwisata Provinsi Jambi, Kementerian Pariwisata RI sangat mendukung perkembangan dan promosi pariwisata yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi umumnya dan Kabupaten Kerinci khususnya wisata yang dimiliki oleh Kerinci. "Festival Kerinci sudah menjadi training topik Pariwisata Indonesia, ini sangat luar biasa," sebutnya.

Selain menampilkan berbagai kesenian dan budaya, Bupati Kerinci bersama Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Ketua tim Calender Of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Dr. M Ikbal Alamsyah dan Kapolda Jambi juga menabur benih ikan di Danau Kerinci.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments