Rabu, 24 April 2019

Festival Kerinci: Nikmati Seduhan Kopi Terbaik Indonesia


Rabu, 03 Oktober 2018 | 21:27:46 WIB


/ metrojambi.com

KERINCI - Festival Kerinci telah resmi dimulai setelah dibuka oleh Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Rabu (03/10) di dermaga Danau Kerinci. Festival Kerinci sendiri dijadwalkan pelaksanaannya selama empat hari, yakni dari tanggal 3 hingga 7 Oktober 2018, dan dilaksanakan di dua lokasi berbeda Dermaga Danau Kerinci dan Kayu Aro.

Festival Kerinci menyuguhkan sejumlah agenda kegiatan dan perlombaan yang telah disiapkan oleh pihak Pemkab Kerinci, dalam hal ini Disparbudpora Kerinci. Selain penampilan seni dan kebudayaan asli Kerinci, perlombaan sepeda gunung, juga dilaksanakan pertemuan pecinta kopi terbaik tingkat nasional.

Agenda acara pertemuan pecinta kopi atau seduh 1.000 kopi nantinya bakal menjadi wadah bagi para penikmat kopi terbaik di Indonesia untuk berbagi pengalaman. Ini bakal jadi ajang yang sangat mengagumkan, bahkan acara yang akan dilaksanakan di Bedeng VIII Kayu Aro juga ikut dipromosikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya melalui media nasional.

"Indonesia memiliki beragam jenis kopi. Kopi Kerinci ini salah satu yang unik. Cita rasanya nikmat dan aromanya selalu menggoda. Menikmati beragam sajian seni budaya sambil menyeruput Kopi Kerinci ini jadi momen terbaik. Suasananya sangat mendukung," sebutnya.

Festival Kerinci ini bisa disebut surganya pecinta kopi, karena adanya penghasil kopi arabica terbaik di Indonesia. Hal itu dapat dilihat pada Festival Kopi 2017 di Jakarta, yakni saat kopi Kerinci dinobatkan sebagai kopi terbaik se-Indonesia.

Keunggulan kopi Kerinci ini memiliki cita rasa lima kopi terbaik Indonesia dalam satu tegukan. Lebih tepatnya dari jenis Sigarar Utang, Gayo, Andung Sari, S795, dan P88. Kopi asal Jambi ini memiliki skor sertifikasi kopi specialty sebesar 86.25.

Skor ini membuat Kopi Alam Korintji menjadi kopi specialty grade. Uji sertifikasi ini dilakukan oleh pusat penelitian dan pengembangan kopi dan kakao Indonesia yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, serta Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia pada 2015 lalu.

Sementara itu, Kepala Disparbudpora Kerinci, Ardinal menjelaskan sejumlah agenda yang disiapkan untuk Festival Kerinci tahun ini merupakan agenda acara yang berkualitas nasional, sehingga dia optimis Festival Kerinci tahun 2018 bakal semakin semarak.

"Kita yakin Festival Kerinci kali ini bakal fenomenal, karena agenda acara yang terstruktur dan baik. Salah satunya pertemuan pecinta kopi, dimana kita tahu kopi Kerinci sudah terkenal saat ini," jelasnya.

Selain itu, dilanjutkan agenda lainnya adalah agenda atraksi seni dan kebudayaan alami Kerinci yang barang jelas akan menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung dan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Mari semua masyarakat Kerinci ikut menyemarakkan Festival Kerinci tahun ini. Kita tunjukkan Kerinci merupakan daerah yang istimewa di mata nasional dan dunia," tegasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Herri Novealdi



comments