Sabtu, 20 Oktober 2018

#2019PemiluDamai

Ikhtiar Bersama Untuk Bangsa

Jumat, 05 Oktober 2018 | 10:10:45 WIB


/

Oleh: Bahren Nurdin

SAYA sangat yakin bahwa setiap kita menginginkan Pemilihan Umum 2019 berjalan dengan damai. Kata damai dirumuskan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengan arti “tidak ada perang, kerusuhan dan permusuhan. Keadaan rukun, aman dan tenang”.

Dengan damailah nantinya presiden, anggota legislatif (RI dan daerah), dan anggota DPD,  dapat terpilih secara demokratis dan legitimit. Siapa pun kita, pasti menginginkan itu. Saya percaya!

Keinginan bersama ini tentunya harus pula diikhtiarkan secara bersama. Harus ada kesatuan visi dan aksi untuk mewujudkan mimpi-mimpi demokrasi di negeri ini. Tidak boleh ada yang mencoba untuk mengoyak cita-cita demokrasi ini dengan aksi-aksi yang mencederai.

Damai, aman, sejuk, demokratis, dan seterusnya adalah kondisi yang seharusnya terjadi. Perbedaan pilihan politik tidak boleh dijadikan alasan untuk mengabaikan cita-cita kedamaian ini.

Usaha bersama inilah yang harus diwujudkan. Salah satu cara yang sedang ngetrend saat ini adalah dengan menyebarkan pesan damai melalui hastag (tanda pagar) #2019PemiluDamai.

Penulis: Bahren Nurdin, MA
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments