Selasa, 22 Oktober 2019

Kerinci dan Sungai Penuh Mulai Diselimuti Kabut Asap, Warga Mengeluh Mata Perih


Sabtu, 06 Oktober 2018 | 10:16:55 WIB


Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh diselimuti kabut asap
Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh diselimuti kabut asap / Dedi

KERINCI – Beberapa minggu terakhir Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh diselimuti kabut asap. Meski tak mengganggu pemandangan, tapi warga merasakan pedih di bagian mata atas kondisi tersebut.

Pantauan metrojambi.com, kabut asap mulai terlihat sejak dari pagi hari. Memasuki siang, kabut asap tipis tersebut masih mulai samar dipandang.

Akibatnya cuaca di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh selalu terlihat mendung. Meski begitu, kabut asap itu belum mengganggu aktivitas masyarakat.

"Iya, beberapa minggu terakhir ini cuaca di Kerinci seperti mendung dan berkabut diselimuti asap. Jika sore hari seperti sudah Magrib," ujar Eka, salah satu warga Setinjau Laut.

Katanya, kabut asap itu memang tidak mengganggu pemandangan saat melintas, karena memang tidak terlalu tebal. Namun jika melintas menggunakan sepada motor, membuat mata terasa perih.

“Hanya mata saja yang terasa perih saat bawa motor. Tapi untuk kegiatan lain tak berpengaruh,” sebutnya.

Terkait dengan kondisi cuaca yang berkabut asap tersebut, Kepala BPBD Kabupaten Kerinci Darifus saat dikonfirmasi mengatakan, di Kabupaten Kerinci saat tidak ditemukan adanya lahan yang terbakar.

“Untuk wilayah Kerinci hingga saat ini tidak terlihat adanya hotspot atau Karhutla,” kata Darifus.

Diungkapkannya, walaupun ada kemunculan asap yang menyelimuti kerinci, itu diperkirakan berasal dari daerah tetangga. Dipastikan di Kerinci tidak ada kebakaran yang membuat kabut asap.

“Walaupun terlihat adanya asap, biasanya itu asap kiriman dari daerah tetangga,” pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments