Rabu, 12 Agustus 2020

Waspada Gempa dan Tsunami, Pakai Aplikasi Pendeteksi Gempa Ini


Senin, 01 Oktober 2018 | 11:22:54 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

INDONESIA menjadi salah satu negara yang terletak di barisan Ring of Fire atau cincin api Pasifik. Kondisi ini membuat negara kita jadi salah satu wilayah yang rawan gempa bumi guys. Tak jarang negara kita terlanda bencana gempa bumi yang bahkan bisa menyebabkan tsunami.

Sebagai penduduk di wilayah rawan, kita harus lebih waspada. Beruntunglah kita, dengan kemajuan teknologi kini kita bisa mendeteksi gempa dari smartphone.

Aplikasi pendeteksi gempa yang akan Jaka rekomendasikan adalah My Shake. Aplikasi ini dibuat oleh para ilmuwan dan peneliti di kampus UC Berkeley Seismological Laboratory, Amerika Serikat guys. Kamu bisa download aplikasinya lewat link di bawah ini :

Bagaimana Cara Kerja MyShake?

Jadi aplikasi MyShake ini akan mengumpulkan data berupa data seismograf atau getaran dari sensor yang ada di smartphone kamu guys. Data ini dikumpulkan ke sistem yang nantinya bisa dijadikan sebagai early warning atau pemberitahuan jika terjadi gempa.

Nantinya MyShake akan memberi tahu jika lokasi di sekitar kamu akan terjadi gempa. Lewat aplikasi ini kamu juga bisa memantau titik lokasi gempa yang baru terjadi atau gempa yang terjadi dalam kurun waktu 7 hari ke belakang.

Cara Menggunakan Aplikasi MyShake

Cara kerja dan penggunaan aplikasi ini sangat sederhana guys. Pastikan kamu sudah instal aplikasi lalu mengaktifkan GPS di smartphone kamu ya.

Pada halaman awal kamu bisa melihat peta berdasarkan lokasi GPS kamu. Di bagian bawah kamu bisa melihat indikator garis berwarna hijau. Itulah data seismograf dari smartphone kamu yang akan dikirim ke sistem server MyShake.

Kita juga bisa melihat data gempa yang baru saja terjadi. Contohnya, kemarin baru terjadi gempa bumi di Lombok dan juga Bali. Kita bisa melihat indikator gempa berbentuk lingkaran. Jika kita klik indikator tersebut, kita akan diarahkan ke website dan diberikan informasi lengkap mengenai gempa tersebut.

Aplikasi pendeteksi gempa ini juga punya fitur lain seperti edukasi mengenai keselamatan saat gempa bumi. Jika kita tap menu Safety, kita akan diberikan beberapa instruksi keselamatan ketika terjadi gempa bumi guys. Penting nih, jangan sampai terlewat!

Akhir Kata

Itu tadi guys rekomendasi aplikasi pendeteksi gempa android dari Jaka. Sebagai penduduk negara rawan kita harus lebih pintar dan waspada. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa berkontribusi dalam pengumpulan data sekaligus kamu juga bisa diberi tahu jika akan terjadi gempa. Tetap waspada dan semoga bermanfaat ya guys!


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments