Selasa, 17 Mei 2022

Jambi Berpeluang Hujan di Sebagian Wilayah

Rabu, 10 Oktober 2018 | 17:32:16 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Dok/metrojambi.com

JAMBI - Badan Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi berdasarkan pantauan sistem Hari Tanpa Hujan (HTH) menunjukkan bahwa secara umum wilayah Provinsi Jambi berada di kriteria HTH selama lima hari namun masih ada sebagian wilayah yang masih mengalami hujan.

Kepala Stasiun Klimatologi (Staklim) BMKG Jambi, Syafrinal di Jambi, Rabu mengatakan dalam jangka waktu pendek satu sampai lima hari ke depan masih terjadi hujan di sebagian wilayah Provinsi Jambi bagian timur kecuali Kabupaten Merangin.

Berdasarkan informasi curah hujan dasarian I Oktober 2018, sebagian besar wilayah di Provinsi Jambi memiliki kriteria rendah atau hujan ringan dengan kapasitas 0-50 mm/das. Kecuali sebagian kecil Kabupaten Kerinci, Tanjung Jabung Barat dan Sarolangun yang berada di kriteria menengah (51-150 mm/das).

"Lain halnya di sebagian kecil di Kabupaten Sarolangun atau di Kecamatan Air Hitam serta Kabupaten Kerinci atau di Kecamatan Gunung Raya dan Gunung Kerinci berada pada kriteria tinggi (151-300 mm/das)," kata Syafrinal.

Sedangkan prakiraan pada Oktober Dasarian II, hujan di Provinsi Jambi berpeluang mengalami hujan dengan kategori rendah atau dibawah 50 mm/das dan berpeluang hujan sebesar 50-70 persen terjadi di sebagian kecil Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Batanghari dan Kabupaten Muarojambi.

Hujan dengan kategori menengah (51-150 mm/das) dengan peluang lebih dari 90 persen terjadi di sebagian kecil pada Kabupaten Bungo, Tebo dan Merangin. Serta hujan dengan kategori tinggi (151-300 mm/das) dengan peluang hujan terjadi lebih 60 persen terjadi di sebagian kecil Kabupaten Kerinci dan Merangin.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments