Selasa, 23 Oktober 2018

Kreatif! MK Pelita Raya Sulap Limbah Jadi Barang Bernilai


Kamis, 11 Oktober 2018 | 15:57:58 WIB


Pelajar SMK Pelita Raya Kota Jambi memanfaatkan limbah serabut kelapa menjadi barang nilai guna
Pelajar SMK Pelita Raya Kota Jambi memanfaatkan limbah serabut kelapa menjadi barang nilai guna / Jainal Abidin

JAMBI- Seorang pelajar tidak hanya dituntut memiliki nilai akademisi yang baik, namun memiliki kreativitas menjadi poin penting untuk mendukung skill keterampilan.

Terlebih keterampilan yang dikembangkan memanfaatkan limbah atau sampah yang sudah dianggap tidak berguna dan mengganggu lingkungan.

Seperti yang dilakukan sejumlah pelajar SMK Pelita Raya Kota Jambi, memanfaatkan limbah serabut kelapa menjadi barang nilai guna dan memiliki harga jual yang menghasilkan pundi- pundi rupiah. Seperti membuat bros sikat pembersih lantai atau pakaian dan gantungan kunci.

"Anak-anak memanfaatkan serabut kelapa karena menumpuk di lingkungan rumah," kata Kepala SMK Pelita Raya, Muradi, Kamis (11/10).
Para siswa membuat keterampilan ini dengan memanfaatkan waktu luas di luar jam pelajaran sekolah, siswa memanfaatkan hari Jumat dan Minggu sore.

"Siswa membuatnya berkelompok," paparnya.

Terlebih kegiatan tersebut, ungkap Muradi, merupakan pengembangan dari materi pelajaran di kelas, yakni mata pelajaran etika bisnis dan aplikasinya mengembangkan limbah serabut kelapa.

Nantinya hasil keterampilan siswa dipasarkan, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Dengan memasarkan secara langsung tatap muka atau manual dan sejumlah siswa sudah banyak menerima pemesanan sari masyarakat, terutama souvenir untuk pernikahan.
"Ke depan kita akan pasarkan melalui online," jelasnya.

Selanjutnya ia berharap pengembangan keterampilan ini bukan hanya memanfaatkan serabut kelapa, tetapi limbah sampah lainnya dan hasil kreasi juga semakin bervariasi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments