Minggu, 5 April 2020

Meriah, Peringatan Hari Jadi SMA 9 ke-24

Beragam Lomba dan Kegiatan Digelar

Kamis, 18 Oktober 2018 | 10:48:28 WIB


Pemotongan tumpeng memperingati HUT SMANER ke 24 tahun
Pemotongan tumpeng memperingati HUT SMANER ke 24 tahun / Jainal Abidin

JAMBI - SMA Negeri 9 Kota Jambi, kemarin (17/10) tepat menginjak usia ke 24 tahun. Sekolah yang berada di kawasan Talang Bakung ini, mulai beroperasi pada tahun 1994 lalu.

Untuk menyemarakan hari jadi yang mengusung tema momentum meningkatkan kompetensi diri, kebersamaan, dan peduli lingkungan dalam mengembang visi misi sekolah ini, SMA Negeri 9 menggelar berbagai macam lomba sejak beberapa hari lalu.

Kegiatan puncak peringatan hari jadi yang digelar secara meriah ini, sekolah mengundang masyarakat sekitar dan sekolah lain serta berbagi bingkisan kepada warga sekitar yang membutuhkan.

Kepala SMA Negeri 9, Anwar Sadat menyebutkan, kegiatan memperingati hari jadi sekolah merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

‘’Tentunya melalui kegiatan ini, kita juga ucapjan rasa syukur atas pencapaian selama satu tahun lalu. Ini juga merupakan ajang introspeksi diri untuk lebih baik ke depan," ujarnya.

Menurutnya selama satu tahun ini, prestasi yang diraih siswa maupun guru terus meningkat, baik dibidang akademik maupun non akademik.
Selain itu, sekolah juga terus meningkatkan fasilitas sarana dan prasana penunjang belajar siswa. "Sekolah kita ujian sudah menggunakan android, satu-satunya sekolah di Jambi yang menerapkan," imbuhnya.

Ketua Pelaksana HUT SMA Negeri 9, M Alwi menambahkan, perayaan ulang tahun sekolah diundur dari tanggal berdirinya sekolah yakni 5 Oktober.

Sebab pada hari itu, sekolah banyak melakukan kegiatan dan bertepatan dengan HUT TNI. "Makanya HUT sekolah baru dilaksanakan di 17 Oktober," katanya.

Selain lomba, pada puncak perayaan, sekolah juga membagikan bantuan kepada warga sekitar hasil sumbangan guru dan siswa sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Di samping itu, kegiatan ini merupakan ajang unjuk kreativitas siswa serta menumbuhkan minat bakat siswa dalam bidang olahraga dan seni. "Mereka menampilkan bakat seni dipanggung," imbuhnya.

Ketua OSIS SMA Negeri 9, M Ridhoni menambahkan, sebelum puncak perayaan hari jadi SMA Negeri 9, sekolah telah menggelar berbagai perlombaan dengan mengundang sekolah lain tingkat SMA yang berada di Kota Jambi dan Muarojambi dengan cabang lomba turnamen voli.
"Juara I dimenangkan SMK Negeri 1 Kota Jambi baik putra maupun putri. Juara II diraih SMA Negeri 8 Kota Jambi untuk putra dan putri SMA Negeri 9. Sedangkan Juara III diraih SMK Negeri 2 untuk putra dan putri dari SMA Pelita Raya," ujarnya.

Sekolah juga menggelar liga sepakbola antar kelas di lingkungan SMA Negeri 9, dengan Juara I diraih Kelas X IPA 3, Juara II diraih XI IPS 4, Juara III diraih XI IPA 1.

Sedangkan juara 4 atau harapan I diraih Kelas X IPA I, pemain terbaik atas nama Ridho Anggarda Kelas X IPA 3 dan top skor atas nama Firmansyah Kelas XI IPS 2.

Kemudian sekolah juga menggelar cabang lomba yang diikuti perwakilan kelas di lingkungan SMA Negeri 9, mulai lomba desain poster, permainan catur, dan lomba lainnya.

Rizki Pratama selaku Wakil Ketua OSIS mengatakan, kegiatan ini telah dipersiapkan sejak beberapa waktu lalu, mulai dengan pembentukan panitia dan penyusunan konsep acara, jelang hingga puncak perayaan. "Hingga kita matangkan konsep dan pelaksanaan hari ini (kemarin, red),’’ katanya.

Ia berharap di usia yang menginjak 24 tahun, SMA Negeri 9 bisa semakin berjaya dan semakin banyak menorehkan prestasi berbagai bidang.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments