Kamis, 2 April 2020

Cari Kendala Sekolah, Disdik Provinsi Jemput Bola


Jumat, 19 Oktober 2018 | 14:49:02 WIB


(Kabid) Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi, Abdul Mukti
(Kabid) Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi, Abdul Mukti / Jainal Abidin

JAMBI – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi berupaya mengatasi permasalahan yang dialami sekolah. Untuk mengetahui kendala atau permasalahan ini, Disdik melakukan kunjungan dan monitoring ke sejumlah sekolah yang ada di daerah.

Seperti belum lama ini, Disdik Provinsi Jambi melakukan pertemuan dengan sektor pendidikan di Kabupaten Tanjabtim melalui Rapat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Dalam pertemuan ini, Disdik menerima keluhan dari sekolah-sekolah yang wilayahnya berada di pedalaman atau sulit jangkauan.
"Terutama akses menuju sekolah ke provinsi yang memakan waktu lama, karena harus menempuh rute laut dan darat," ujar Kapala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi, Abdul Mukti, Kamis (18/10) kemarin.

Dikatakannya, saat pertemuan di Kecamatan Sadu, sekolah menyampaikan keluhan terkait kekurangan fasilitas penunjang belajar siswa, seperti bangunan sekolah yang sudah tidak layak dan harus dilakukan renovasi atau perbaikan.

"Dari pertemuan ini, kita ketahui kendala yang terjadi. Dengan menggunakan APBD 2018, sekolah tersebut kita bantu dana untuk rehab," imbuhnya.

Menurutnya, dengan kondisi yang ada, jika sekolah ingin menyampaikan langsung ke dinas, akan memakan waktu lama dan biaya yang banyak. "Makanya dinas berupaya jemput bola, sebisa mungkin sekolah-sekolah di pelosok kita datangi," bebernya.

Abdul Mukti menyebutkan, sekolah di kabupaten lain juga menyampaikan keluhan kekurangan fasilitas pendukung kegiatan pendidikan seperti jumlah lemari dan lainnya. "Sebisa mungkin melalui anggaran yang ada kita bantu," jelasnya.

Dirinya berharap sekolah tidak hanya mengandalkan anggaran yang disediakan pemerintah melalui Disdik, tetapi kreatif dan mampu menggali potensi yang ada di wilayah masing-masing. "Tapi jangan melakukan pungutan atau pemaksaan kepada siswa," tegasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments