Minggu, 9 Agustus 2020

Eskavator Diduga Milik Dinas TPHP Bungo Dibiarkan Terbenam di Lumpur


Minggu, 21 Oktober 2018 | 20:03:37 WIB


Eskavator diduga milik Dinas TPHP Kabupaten Bungo dibiarkan tenggelam did alam lumpur
Eskavator diduga milik Dinas TPHP Kabupaten Bungo dibiarkan tenggelam did alam lumpur / metrojambi.com

MUARABUNGO - Satu unit alat berat jenis eskavator yang diduga akan digunakan untuk mengerjakan saluran irigasi terbenam di dalam lumpur. Sudah sekitar satu minggu excavator terbenam dalam lumpur di Dusun Embacang Gedang, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo.

Eskavator ini diduga milik Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bungo. Alat berat senilai miliaran rupiah itu terbenam di area persawahan.

Hambali salah satu warga Embacang Gedang mengatakan, eskavator ini terbenam saat membuat saluran irigasi. Meskipun alat berat ini sudah terbenam selama satu minggu namun hingga saat ini belum juga dikeluarkan.

"Benar pak, sudah tujuh hari terbenam di sini. Alat ini terbenam hingga batas mesin. Kami tidak tahu apakah operatornya yang kurang pandai, atau memang lumpurnya yang dalam sehingga alat berat ini sampai terbenam," ucap Hambali.

Dikatakan Hambali, hingga Minggu (21/10) alat berat tersebut belum juga bisa diangkat dari dalam lumpur. Alat berat ini sudah pernah ditarik dengan excavator lain, namun upaya ini tidak membuahkan hasil.

"Kita tidak tahu juga alat ini akan bisa diangkat atau tidak. Mungkin pakai crane baru bisa diangkat. Harga alat inikan mahal, bernilai miliaran rupiah mestinya cepat dievakuasi. Apalagi mesinnya dalam keadaan terendam lumpur, tidak bisa dihidupkan lagi ," ujarnya lagi.

"Setahu saya, eskavator milik Dinas TPH," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi ketika dikonfirmasi wartawan membantah eskavator itu milik TPH. Namun ia membenarkan bahwa pengerjaan yang dilakukan alat tersebut adalah proyek Dinas TPHP.

"Bukan alat kita, tapi alat itu memang mengerjakan proyek kita," ujar Muhammad Hasbi.

Sementara itu dari hasil investigasi diketahui excavator yang terbenam memang sama persis dengan bantuan yang diterima oleh Dinas TPH dari kementerian. Eskavator merk Hyundai dengan tipe R220 - 9S ini diterima oleh Dinas TPHP Bungo pada bulan Agustus lalu.


Penulis: Budi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments