Rabu, 11 Desember 2019

Mengawal Perubahan Sosial dengan Sikap Pancasilais


Selasa, 16 Oktober 2018 | 14:18:38 WIB


/

INDONESIA merupakan negara kaya dengan budaya, kebudayaan yang beragam inilah yang menjadikan Indonesia dikenal dengan aneka pesona Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, maka kebudayaan nusantara semakin terkikis.Westernisasi terlihat mampu menggeser budaya yang menjadi warisan  oleh para leluhur. Perkembangan zaman ini juga menjadi problematika di kalangan generasi muda jika tidak mampu menyesuaikan dengan kearifan lokal yang ada.  

Saat ini kemampuan  generasi milenial untuk menfiltrasi perkembangan zaman terlihat minim beberapa hal yang menunjukkan keminiman tersebut mulai dari hilangnya pemaknaan pancasila dikarenakan dampak dari teknologi  seperti  hilangnya sosialisasi, serta komunikaasi langsung dan bahkan persatuan yang tergerus dikarenakan masifnya hoax yang berkembang. Sehingga mudah terpengaruh dan termakan  oleh perkembangan zaman.

Memang perkembangan zaman tidaklah selalu berdampak negatif. Perkembangan zaman juga sangat membantu kita dalam segi teknologi yang sangat membantu keberlangsungan kehidupan kita sehari hari.

Kebudayaan yang diwariskan ini semestinya dilestarikan, Tentunya untuk melestarikan budaya itu kita harus benar-benar menjaga dan memeliharanya. Bangga dengan budaya yang kita miliki merupakan suatu cara untuk tetap dapat melestarikannya. Jangan sampai karena perkembangan  zaman dan efek globalisasi menjadikan budaya asli tergeser oleh budaya luar.

Perkembangan zaman memang tidak dapat kita tolak tapi generasi muda diharapkan dalam menyikapi perkembangan zaman ini dengan sikap yang pancasialis. Sikap pancasialis adalah sikap yang menanamkam nilai nilai dari kelima butir pancasila tersebut. Dengan mengilhami nilai pancasila tersebut maka otomatis perkembangan dapat dipilah cocok atau tidak dengan kultur di negara kita.

Kita memang harus terbuka dengan perkembangan zaman,dan tentunya kita bisa mengubah tatanan sosial dengan perkembangan zaman tersebut.

Pancasila merupakan dasar fundamental bagi negara kesatuan republik Indonesia. Kelima sila ini merupakan filosofi berpikir yang harus diilhami oleh seluruh lapisan masyarakat yang berada di tanah air.

Pancasila memiliki dampak yang sangat penting karena menyasar ke seluruh sektor kehidupan masyarakat. Dengan urgensi dari pancasila tersebut maka seluruh sektor akan ambil bagian, supaya budaya  yang dimiliki tersebut dapat bertahan. Di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat, seluruh lapisan masyarakat memang dituntut untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut.

Sikap pancasialis yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga kebudayaan adalah hal yang paling tepat untuk menyikapi perkembangan zaman yang semakin pesat. Karena kebudayaan adalah kekayaan yang sangat berharga dan patut dilestarikan supaya anak cucu kita nanti dapat juga menikmati kebudayaan yang sangat khas ini.

Karena kebudayaan bukanlah semata mata hanya symbol namun setiap kebudayaan yang kita miliki punya moral value masing masing untuk menyikapi pluralism yang ada di Indonesia. Karena kebudayaan juga bisa menjadi alat untuk memerangi intoleransi dan penyebab disintegrasi di Indonesia.

Kebudayaan yang sangat berharga ini jangan sampai tinggal sejarah. Mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan supaya budaya ini pun bisa kita wariskan ke anak cucu kita nanti. Dan menanamkan hingga mendarah daging nilai pancasila tersebut supaya perkembangan zaman tetap bisa kita kawal dengan Pancasila. Sehingga kelak multikulturalisme ini menjadi opsi buat negara-negara lain mengaplikasikannya supaya bukan cuma negara kita saja yang mendapatkan feedback dari perkembangan zaman. Akan tapi kita juga bisa mempengharuhi perkembangan zaman secara global dengan kebudayaan kita yang sangat beragam.  

Penulis adalah mahasiswa Fisipol Universitas Jambi


Penulis: Wiranto B Manalu
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments