Selasa, 13 November 2018

Imigrasi Jakarta Tahan Paspor Aktor Kenamaan Korea


Senin, 05 November 2018 | 20:46:12 WIB


Lee Jong Suk
Lee Jong Suk / istimewa

JAKARTA - Aktor sekaligus model asal Korea Selatan Lee Jong Suk terpaksa menunda kepulangannya ke Korea akibat paspor miliknya ditahan oleh imigrasi Jakarta, Selatan. Lee Jong Suk mengunggah foto sebuah bandara di Jakarta dan menceritakan bagaimana dirinya ditahan di sana setelah bertemu penggemarnya.

"Saya dapat mengakhiri pertemuan dengan penggemar penuh syukur. Namun semua staf saya dan saya telah terjebak di Jakarta. Saya pikir kami sudah ditahan sejak kemarin" dilansir Soompi, sebagaimana dikutip metrojambi.com dari antara, Senin.

Masih dari sumber yang sama, Lee Jong Suk menyebutkan, Promotor [for the fan meeting] di Jakarta, yes24, telah melaporkan keuntungan lebih rendah dari pertemuan tersebut dibandingkan dari apa yang mereka laporkan kepada otoritas pajak setempat.

"Walaupun staf saya dan saya tidak terlibat dalam hal ini, mereka mengambil paspor kami dan belum mengembalikannya. Saya harap ya24 itu, dan agensi mereka, The Cre8tive Lab dan Yumetomo dapat menyelesaikan masalah dengan cepat."

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Teodorus Simarmata membenarkan bahwa adanya penahanan paspor tersebut.

"Rutinitas tugas imigrasi adalah melakukan pengawasan terhadap orang asing di Indonesia terkait keberadaan dan aktivitasnya," tutur Teodorus saat dihubungi Antara melalui telepon, Senin.

Ia mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan tugas sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). "Kami meminta keterangan dan dokumen. Jadi, informasi dari Kantor Imigrasi Jakarta Selatan bersangkutan di-interview di Jakarta Selatan," ujar Teodorus.

Namun, sambungnya, yang bersangkutan belum memberikan verifikasi. Hingga Senin sore, yang bersangkutan belum datang.

“Kami menunggu konfirmasi keterangan dokumen dan ditunggu kedatangannya di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Kami menunggu secara normatif itu satu hari hingga tiga hari,” jelas Teodorus.

Ia menambahkan, Kalau tidak ada permasalahan clear, kalau ada masalah akan diproses. “Kami akan menunggu Selasa atau Rabu. Kapan saja silakan datang, kami terbuka 24 jam.
Menurut sumber dari agensi Lee Jong Suk, A-Man Project, mereka seharusnya meninggalkan Jakarta pada 4 November,” ujarnya.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments