Jumat, 18 Oktober 2019

Putusan Sudah Inkracht, Putra Wabup Batanghari Dicoret Dari Daftar Caleg


Selasa, 30 Oktober 2018 | 19:34:33 WIB


M Haviz
M Haviz / Dok.metrojambi.com

MUARABULIAN - Putra Wakil Bupati (Wabup) Batanghari Sofia Joesoef, M Havis, salah seorang Calon Anggota Badan Legislatif (Caleg) yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini setelah ditangkap pihak kepolisian saat sedang pesta sabu bersama rekannya beberapa waktu lalu telah dicoret dari daftar Caleg PAN.

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Ketua KPU Batanghari A Kadir, via ponsel, Selasa (30/10).

"Dicoret, ini berdasarkan hasil rapat pleno kita beberapa waktu lalu. Tanggal 26 Oktober 2018 lalu. Karena beliau juga telah inkracht di Pengadilan Negeri Jambi," kata Kadir.

Untuk diketahui nama M Hafiz dicoret berdasarkan sesuai dengan keputusan KPU Republik Indonesia Nomor 961/PL.01.4-Kpt/06/KPU/VII/2018. tentang petunjuk teknis perbaikan, penyusunan dan penetapan daftar calon sementara serta penyusunan dan penetapan daftar calon tetap anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

"Jika terdapat calon yang ditetapkan sebagai terpidana berdasarkan keputusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Untuk itu, parpol tidak dapat melakukan penggantian terhadap bakal calon yang bersangkutan. Serta mencoret nama caleg yg bersangkutan tanpa mengubah nomor urut calon lainnya," demikian kata Kadir.

Sementara Sasmi, Sekretaris DPD PAN Batangahri, mengaku sudah menerima surat dari KPU Batanghari terkait dicoretnya salah satu kader. Hingga tadi malam, PAN belum mengambil sikap atas persoalan tersebut. Langkah pembahasan secara internal kepartaian akan ditempuh untuk mencari solusi dan upaya yang akan dilakukan.

"Persoalan ini (pencoret M Havis) akan dibahas secara internal partai. Kita akan kumpulkan semua elemen partai, selanjutnya baru menentukan sikap," katanya.


Penulis: Chy
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments