Rabu, 18 September 2019

SD Adhyaksa I Jambi Gelar Ujian Semester Lebih Awal dari Jadwal Disdik


Rabu, 07 November 2018 | 12:54:50 WIB


Kepala SD Adhyaksa I Uci Utami
Kepala SD Adhyaksa I Uci Utami / metrojambi.com

JAMBI - Ujian semester ganjil 2018/2019 di SD Adhyaksa I Jambi akan dilaksanakan lebih awal yakni 28 November. Berdasarkan jadwal Dinas Pendidikan (Disdik), di sekolah lain ujian semester akan digelar 4 Desember mendatang.

Hal ini karena sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Kajati Jambi ini banyak memuat pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Makanya, sekolah menyesuaikan jadwal pembagian raport dan libur sekolah nantinya.

"Mata pelajaran kita banyak, khususnya muatan lokal," ujar Kepala SD Adhyaksa I, Uci Utami, Rabu (7/11).

Mata pelajaran mulok yang dimaksud meliputi pelajaran tahfidz, baca tulis Alquran, TIK, bahasa Inggris baik yang diujikan secara teori maupun praktik. "Kita juga berusaha menyesuaikan program pembelajaran dan kurikulum," imbuhnya.

Menurut Uci, sekolah juga membuat soal ujian mengacu pada peraturan menteri pendidikan nasional (Permendiknas) dengan 3 kategori soal pembahasan. "Ada soal HOTS, LOTS, dan NOT atau mengasah kemampuan siswa," paparnya.

Di samping itu, tahun ini SD Adhyaksa jua menaikkan standard nilai KKM sekolah yang diharapkan mampu dicapai siswa dengan maksimal, sesuai mata pelajaran masing-masing dari yang sebelumnya 72 menjadi 75.

Kenaikan KKM ini, karena sekolah mempertimbangkan indikator sekolah telah memberikan pelayanan terbaik yang dapat menunjang kualitas pendidikan siswa di sekolah. "Salah satunya, siswa belajar menggunakan TV multimedia, bukan infocus lagi," imbuhnya.

SDM tenaga guru juga terus ditingkatkan, melalui pendampingan dan sosialisasi, baik di internal maupun eksternal sekolah dan mengaplikasikannya kepada siswa di kelas, sehingga perubahan siswa mengikuti mata pelajaran meningkat.

"Siswa lebih aktif dengan inovasi pembelajaran para guru," pungkasnya.


Penulis: Jainal Abidin/mg5
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments