Kamis, 19 September 2019

Prosesi Kenduri Sko Meriahkan Pekan Harmoni Budaya Kota Sungai Penuh


Rabu, 07 November 2018 | 14:33:16 WIB


Festival Kenduri Sko
Festival Kenduri Sko / Dedi

SUNGAIPENUH -Pemerintah Kota Sungai Penuh melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sungai Penuh kembali menggelar Pekan Harmoni Budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sungai Penuh ke-10.

Dalam acara Pekan Harmoni Budaya ini, Festival Kenduri Sko kembali ditampilkan yang diikuti 8 kecamatan dalam Kota Sungai Penuh.

Kabid Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sungaipenuh, Hilman menyebutkan, kegiatan Festival Kenduri Sko merupakan agenda tahunan yang digelar dalam membangkitkan tradisi yang di Bumi Alam Sakti Kerinci, tepatnya di Kota Sungaipenuh.

Kenduri Sko sudah ditetapkan jadi Warisan Budaya Tak benda (WBTB) Indonesia.

“Mari kita semarakkan Pekan Harmoni Budaya Kota Sungai Penuh ini, terutama menyaksikan Festival Kenduri Sko yang merupakan budaya asli Kota Sungaipenuh,” kata Hilman.

Festival Kenduri Sko kali bertajuk Pekan Harmoni Budaya dengan tema Kenduri Sko sebagai Potensi Pemajuan Kebudayaan dan Pengembangan Pariwisata.

“Dalam Kenduri Sko, ada pencucian benda-benda pusaka, pengangkatan ninik mamak. Para penonton bisa melihat keragaman budaya alam sakti Kerinci,” ujarnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments