Selasa, 13 November 2018

Puluhan SAD di Batanghari Idap ISPA


Kamis, 08 November 2018 | 21:10:35 WIB


Petugas Puskesmas Durian Luncuk saat melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang anak warga Suku Anak Dalam (SDA)
Petugas Puskesmas Durian Luncuk saat melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang anak warga Suku Anak Dalam (SDA) / metrojambi.com

MUARABULIAN – Puluhan warga Suku Anak Dalam (SAD) yang mendiami wilayah Sungai Terap, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari, saat ini diketahui mengidap infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Hal ini diketahui berdasarkan data yang dimiliki oleh pihak Puskesmas Durian Luncuk.

“Saat ini ada puluhan SAD yang mengidap ISPA,” ujar Kepala Puskesmas Durian Luncuk, Safriyanto, S.Kep, Kamis (8/11).

Berdasarkan data, lanjut Safriyanto, sejauh ini tercatat ada 96 orang warga SAD yang datang berobat karena mengidap ISPA. Dikatakan Safriyanto, kebanyakan dari mereka adalah orang dewasa.

Lebih lanjut Safriyanto mengatakan, warga SAD tersebut tidak langsung datang ke Puskesmas Durian Luncuk untuk berobat. Namun, kata Safriyanto, pihaknya yang datang ke Selter Sungai Terap untuk melakukan pengobatan.

“Setiap bulan kita pasti ke sini (Selter Sungai Terap) untuk melakukan pengobatan. Kebanyakan (yang mengidap ISPA, red) orang dewasa. Ada juga anak-anak sekitar dua puluh orang,” tandasnya.

Sementara itu, Menti, salah seorang warga SAD yang ditemui di Selter Sungai Terap mengatakan, ia sengaja datang membawa anak-anaknya untuk berobat. Menurut Menti, anak-anaknya saat ini tengah terserang flu dan batuk.

“Galo anak sayo keno batuk. Lah duo minggu,” ujar Menti saat dikonfirmasi.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments